KPU Sleman Tunda Sejumlah Proses Pilkada

    Ahmad Mustaqim - 24 Maret 2020 14:59 WIB
    KPU Sleman Tunda Sejumlah Proses Pilkada
    Ilustrasi. Medcom.id
    Sleman: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menunda sejumlah tahapan pemilihan kepada daerah (Pilkada) 2020. Penundaan lantaran merebaknya virus korona (covid-19).

    Ketua KPU Sleman, Trapsi Hariyadi, menjelaskan salah satu proses yang telah dipastikan ditunda yakni pelantikan panitia pemungutan suara (PPS). Penundaaan ini nantinya akan berimbas langsung pada masa kerja petugas pemilu tersebut.

    "PPS ini ada sekitar 400 orang lebih. Tidak bisa melakukan pelantikan karena akan menimbulkan kerumunan," kata Trapsi, dihubungi pada Selasa, 24 Maret 2020.

    Trapsi menyebut ada beberapa tahapan lain yang mengalami penundaan. Di antaranya, pelaksanaan verifikasi syarat dukungan calon perseorangan dan pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).

    Baca: KPU Sumbar Tunda Tiga Tahapan Pilkada

    PPDP semestinya harus segara bertugas melakukan pemutakhiran data pemilih ke setiap rumah warga. Total, ada sekitar 1.600 petugas.  

    "Proses pemutakhiran data pemilih harus tertunda. Tak hanya menunda pelaksanaan pemutakhiran, penyusunan data pemilih juga harus mundur," ujarnya.

    Trapsi menambahkan penundaan dilakukan menindaklanjuti Surat Keputusa KPU RI Nomor 179 Tahun 2020 dan Surat Edaran KPU RI Nomor 8 Tahun 2020. Keputusan menunda proses Pilkada di Sleman belum ditentukan hingga kapan.

    "Keputusan menunda proses pilkada ini belum masuk pada tahap pemungutan dan penghitungan surat suara. Proses ini sedianya dilakukan 23 September mendatang," ungkapnya. 


    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id