Pengerahan Masa Saat Pendaftaran Calon Dibatasi

    Anggi Tondi Martaon - 22 Juni 2020 16:44 WIB
    Pengerahan Masa Saat Pendaftaran Calon Dibatasi
    Ketua KPU Arief Budiman. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) membatasi pengerahan masa pada tahap pendaftaran calon. Ketentuan tersebut bagian dari Peraturan KPU (PKPU) Penerapan Protokol Kesehatan Pilkada 2020.

    "Ini nanti yang akan kami uraikan ada pembatasan-pembatasan jumlah orang yang mengantarkan pasangan calon untuk mendaftar," kata Ketua KPU Arief Budiman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 22 Juni 2020.

    Hal serupa juga berlaku saat penetapan pasangan dan pengundian nomor urut calon kepala daerah. Peserta rapat pleno tahapan pilkada tersebut sangat dibatasi sebagai salah satu bentuk penerapan protokol kesehatan.

    Namun, Arief tidak memerinci jumlah orang yang boleh mengikuti tahapan pencalonan tersebut. Dia menekankan bakal ada pembatasan peserta.

    (Baca: Ketentuan Penyelenggaraan Pilkada yang Melibatkan Banyak Orang)

    Penyelenggara pilkada diminta menyiarkan langsung kegiatan pendaftaran, penetapan, dan pengundian nomor urut melalui teknologi informasi. Sehingga, pendukung bisa menyaksikan rangkaian setiap kegiatan tanpa harus hadir langsung di lokasi.

    "Kegiatan penetapan pasangan calon dan pengundian nomor urut untuk disaksikan oleh tim pendukung, pemantau pemilihan, media massa, dan masyarakat dari kediaman masing-masing," ujar dia.

    Sebelumnya, Komisi II, pemerintah, dan penyelenggara pemilu sepakat melanjutkan tahapan Pilkada 2020 di tengah pandemi virus korona. Penyelenggaraan pesta demokrasi tingkat daerah itu harus mematuhi protokol pencegahan virus korona.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id