Warga Desa Semudun Kesulitan Air Bersih

14 Juni 2018 10:00 wib
Calon Gubernur Kalimantan Barat Karolin Margret Natasa
Calon Gubernur Kalimantan Barat Karolin Margret Natasa

Mempawah: Warga Desa Semudun yang berada di pesisir Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat hingga kini masih kesulitan mendapatkan air bersih, terutama saat musim kemarau. Akibatnya, warga masih kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Calon Gubernur Kalimantan Barat Karolin Margret Natasa menyadari ketersediaan air bersih untuk masyarakat Kalbar khususnya yang tinggal di wilayah pesisir masih menjadi kendala.

"Kami memahami salah satu kendala yang dialami masyarakat di wilayah pesisir adalah ketersediaan sumber air bersih. Ini menjadi sorotan kami," kata Karolin, Kamis, 14 Juni 2018.

Desa Semudun yang letaknya tidak jauh dari garis pantai ini, memang kerap mengalami kesusahan air bersih di kala kemarau.

"Saya juga emak-emak jadi tahu air bersih itu penting untuk kita masak, mencuci, mandi di rumah. Saya tahu kesulitan yang warga rasakan," ujar Karolin.

Baca: Daerah Perbatasan Jadi Fokus Strategi Karolin Menangkan Pilgub Kalbar

Menurut dia, menjadi pemimpin saat ini harus tahu persoalan yang dialami masyarakat. Pemimpin tidak boleh santai duduk di kantor, melainkan harus turun ke lapangan bertemu masyarakat.

"Bukan zamannya pemimpin duduk-duduk saja di kantor main perintah. Pemimpin saat ini harus bisa berada di lapangan, mendengarkan keluhan masyarakat," ucap Karolin.

Karolin berpesan kepada masyarakat setempat untuk memilih pemimpin dengan cerdas. Pemimpin yang tidak bermental raja, melainkan pemimpin yang merakyat.
"Carilah pemimpin yang siap menjadi pelayan bukan menjadi raja," katanya.


(FZN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.