Camat di Purworejo Melanggar Netralitas Pilkada

    Bagus Aryo Wicaksono - 23 November 2020 17:49 WIB
    Camat di Purworejo Melanggar Netralitas Pilkada
    Ilustrasi. Medcom.id
    Purworejo: Seorang camat di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mendapat sanksi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) karena melanggar netralitas pilkada. Surat tembusan KASN untuk Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Kabupaten Purworejo telah diterima. 

    "Dalam surat itu disampaikan jika oknum ASN disanksi untuk diumumkan secara terbuka terkait pelanggaran yang dilakukan," kata Ketua Bawaslu Purworejo, Nur Kholiq, di Purworejo, Jawa Tengah, Senin, 23 November 2020. 

    Dia menambahkan, pelanggaran dilakukan sekitar Agustus saat pertemuan warga penerima manfaat program keluarga harapan (PKH). Dalam pertemuan itu, camat berinisial H mengundang seorang pengurus partai politik dan wakil bupati aktif.

    Baca: Bawaslu Temukan 2.322 Pelanggaran Sejak Awal Tahapan Pilkada

    "Ketika pertemuan memang statusnya pasangan petahana masih bupati dan wakil bupati aktif. Namun sudah ramai kabar bahwa keduanya akan kembali mencalonkan diri," terangnya.

    Namun undangan yang ditujukan kepada wakil bupati dan pengurus partai bukan undangan resmi, hanya melalui telepon. Sehingga muncul dugaan itikad tidak baik. 

    "Ketika kami minta klarifikasi, oknum camat itu mengaku menghadirkan pengurus partai dihadapan penerima PKH sebagai aktivis perempuan," ujarnya. 

    Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan Bawaslu Purworejo, oknum ASN yang menjabat sebagai camat itu melanggar UU PNS Nomor 5 Tahun 2014, jo PP Nomor 24 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korp Pegawai Negeri, jo PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. 

    "Kami sudah mendapat salinan rekomendasi dari KASN terkait oknum ASN camat tersebut. Rekomendasi tersebut harus segera ditindaklanjuti oleh PPK Kabupaten Purworejo," ujarnya. 

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id