MPR: Jangan Sebarkan Kebencian di Pilkada

    Antara - 17 September 2020 04:00 WIB
    MPR: Jangan Sebarkan Kebencian di Pilkada
    Warga yang tergabung dalam Masyarakat Pendukung Demokrasi beraksi unjuk rasa di Gladak, Solo, Jawa Tengah, Rabu, 5 Agustus 2020. Foto: Antara/Mohammad Ayudha
    Jakarta: Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid menegaskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 menjadi perwujudan kedaulatan rakyat. Untuk itu, pelaksanaan pilkada serentak tidak boleh dilandasi penyebaran kebencian.

    "Menyebar kebencian bukan watak bangsa Indonesia," kata Jazilul di Jakarta, Rabu, 16 September 2020.

    Jazilul mengajak semua pihak menyebarkan rasa kasih sayang. Pilkada harus diisi dengan suasana suka cita dan kegembiraan. Dia menyebut pilkada menjadi bentuk pengamalan sila ke-4 Pancasila.

    "Dengan adanya hajatan politik lima tahunan itu, maka kedaulatan rakyat terjaga," ujar dia.

    Pilkada 2020 digelar di 270 daerah yang meliputi 9 pemilihan gubernur, 224 pemilihan bupati, dan 37 pemilihan wali kota. Sebanyak 735 bakal pasangan calon (bapaslon) mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

    Sebanyak 25 bapaslon mengikuti pemilihan gubenur dan wakil gubernur. Sebanyak 610 pasangan mengikuti pemilihan bupati dan wakil bupati, sedangkan 100 bapaslon memperebutkan kursi wali kota dan wakil wali kota.

    Baca: DPR Sarankan Konser saat Kampanye Ditiadakan

    Pendaftaran bapaslon berlangsung Jumat hingga Minggu, 4-6 September 2020. KPU akan menetapkan bapaslon yang memenuhi syarat pada Rabu, 23 September 2020. Sehari kemudian, nomor urut pasangan calon diundi.
     
    Peserta pilkada serentak diberi kesempatan berkampanye dari Sabtu, 26 September 2020, hingga Sabtu, 5 Desember 2020. Pemungutan suara berlangsung Rabu, 9 Desember 2020, dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19 yang ketat.

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id