Satgas Covid-19 Dorong Penerapan Protokol Kesehatan Total Selama Pilkada 2020

    Cindy - 21 November 2020 18:33 WIB
    Satgas Covid-19 Dorong Penerapan Protokol Kesehatan Total Selama Pilkada 2020
    Ilustrasi korona. Medcom.id
    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 mendorong kepatuhan penerapan protokol kesehatan selama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Pelanggaran protokol kesehatan masih terjadi meski tidak masif.

    "Kami ingin kepatuhan terhadap perilaku 3M (menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan) total ya. Bukan hanya si pasangan calon (paslon) tetapi juga masyarakatnya," kata Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harry B Harmadi, dalam diskusi secara daring, Sabtu, 21 November 2020.

    Sonny membeberkan sebanyak 13 Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada 2020 berada dalam risiko tinggi atau zona merah penularan covid-19. Kemudian, 180 Kabupaten/Kota berada dalam risiko sedang atau zona kuning.

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat sebanyak 2,2 persen dari 13 ribu kampanye tatap muka masih melanggar protokol kesehatan. Meski, kata Soni, angka itu cukup sedikit.

    Dia mengingatkan penularan covid-19 akan semakin tinggi bila protokol kesehatan tidak dilaksanakan secara ketat. "Kalau pakai maskernya betul, maka risiko penularan akan turun dengan sangat drastis," ucap dia.

    (Baca: Bawaslu Catat 31 Kasus Intimidasi Saat Pembubaran Kampanye)

    Sonny mengungkapkan ditemukan kasus positif covid-19 selama tahapan Pilkada 2020. Namun, kasus tersebut belum tentu akibat kegiatan kampanye selama tiga minggu terakhir.

    "Apakah dia itu tertular pada saat berkampanye atau sedang melakukan kegiatan terkait dengan pilkada atau tertularnya di luar. Sebetulnya itu ada datanya di tim tracing," jelas Sonny.

    Sonny mengaku belum mendapat rincian data tracing penularan kasus positif covid-19. Dia juga belum mengetahui jumlah kasus positif selama tahapan Pilkada 2020.

    "Sejauh ini kami belum memperoleh informasi bahwa ada satu klaster atau super klaster positif di mana dia tertular pada saat melaksanakan kegiatan pilkada. Itu belum ada," tutur dia.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id