Kemendagri: Pilkada Orkestrasi untuk Melawan Covid-19

    Yogi Bayu Aji - 23 Oktober 2020 23:18 WIB
    Kemendagri: Pilkada Orkestrasi untuk Melawan Covid-19
    Seorang peserta menyelesaikan lukisannya pada lomba mural bertema Nemo Golput (Jangan Golput) di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu, 16 Agustus 2020. Foto: Antara/Basri Marzuki
    Jakarta: Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik mengatakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 harus jadi wadah menggalang kekuatan pemerintah. Momentum ini harus dimanfaatkan untuk mengenyahkan virus korona (covid-19). 

    “Dalam perspektif kami, pilkada ini menjadi sebuah orkestrasi yang kuat untuk menggalang pemerintah pusat, pemerintah daerah, ataupun kabupaten/kota untuk bersama-sama melawan pandemi covid-19, tetapi dengan protokol kesehatan,” ujar Akmal dalam keterangan tertulis, Jumat, 23 Oktober 2020.

    Menurut dia, pandemi covid-19 bukan hanya persoalan kesehatan semata, tetapi menimbulkan masalah sosial dan ekonomi. Untuk itu, Kemendagri mendorong semua pihak mengusung tema tunggal selama masa kampanye, yakni bagaimana peran kepala daerah menangani covid-19 dan dampaknya. 

    Baca: Pandemi Covid-19 Ujian Kepala Daerah Sebelum Pilpres 2024

    “Dengan mengedepankan protokol kesehatan dan bergerak bersama-sama, bersinergi, kebersamaan, sehingga kita bisa keluar dari pandemi ini beserta dampak-dampaknya,” imbuh Akmal.

    Akmal menambahkan dalam kondisi pandemi, para kandidat perlu menyampaikan programnya membawa masyarakat keluar dari pandemi beserta dampak sosial-ekonominya. Kondisi ini berbeda dengan pilkada sebelumnya. Kandidat bisa menebar janji yang muluk-muluk.

    “Tetapi sekarang tidak ada. Pilihan kita cuma satu mengatasi pandemi bersama dampak sosial ekonominya. Itulah kenapa mereka butuh partisipasi masyarakat. Pilkada inilah esensinya. Untuk membuat pilkada yang berkualitas dan pilkada yang bisa membantu mengedukasi masyarakat untuk memilih pemimpin yang bisa mengeluarkan kita dari krisis ini. Itulah kualitas demokrasi yang kita bangun,” jelas dia.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id