1.510 Pelanggaran Protokol Kesehatan Terjadi Selama Kampanye Pilkada 2020

    Theofilus Ifan Sucipto - 24 November 2020 02:14 WIB
    1.510 Pelanggaran Protokol Kesehatan Terjadi Selama Kampanye Pilkada 2020
    Menko Polhukam Mahfud MD/MI/Susanto
    Jakarta: Sebanyak 1.510 pelanggaran protokol kesehatan terjadi selama kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Angka itu berasal dari 73.500 kegiatan kampanye selama 59 hari kampanye berlangsung.

    "Ada pelanggaran protokol kesehatan terjadi sebanyak 2,2 persen, dari 73.500 ribu event. Itu pun yang kecil-kecil misalnya lupa pakai masker dan jumlah di ruangan lebih dua orang," kata Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di kantornya, Jakarta Pusat, Senin, 23 November 2020.

    Mahfud mengatakan dari total pelanggaran, ada 16 kasus yang ditindak pidana dan sedang proses penyidikan bahkan peradilan. Hal itu sebagai bentuk keadilan hukum untuk menindak peserta Pilkada yang mengabaikan protokol kesehatan.

    "Semua sudah ditindak, ada yang melanggar protokol, ada yang diperingatkan langsung berubah, kemudian ada yang diproses pidana dan sebagainya," ucap dia.

    Baca: Pengawasan Kampanye di Medsos Jadi Tugas Bersama

    Mahfud mengingatkan peserta pilkada dan tim kampanye tertib menerapkan protokol kesehatan. Sebab, sejumlah sanksi telah menanti pelanggar protokol kesehatan dalam pilkada.

    "Jangan main-main kepada paslon dan tim kampanyenya. Karena kalau melakukan protokol kesehatan kami tindak, bahkan sampai didiskualifikasi," tegas mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

    Masyarakat, kata Mahfud, perlu didorong berpartisipasi dalam pesta demokrasi pada 9 Desember mendatang. Mereka perlu menggunakan hak suara untuk memilih pemimpin mereka sendiri.  

    "Kita juga mohon agar masyarakat diberi pemahaman dan berpartisipasi di dalam pilkada, karena lima tahun pemimpin akan ditentukan oleh pilihan mereka sendiri," kata dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id