Jumlah Maksimal Pemilih dalam Satu TPS Hanya 12 Orang

    Anggi Tondi Martaon - 22 Juni 2020 19:49 WIB
    Jumlah Maksimal Pemilih dalam Satu TPS Hanya 12 Orang
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Jumlah pemilih di tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 dibatasi ketat. Hal ini untuk mencegah virus korona (covid-19).

    "Jumlah pemilih dalam lokasi TPS adalah sebanyak 12 pemilih yang diatur sesuai dengan protokol kesehatan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin, 22 Juni 2020.

    Menurut dia, pemilih juga diwajibkan menggunakan masker saat berada di TPS. Jika tidak, petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) akan memberikan masker kepada pemilih.

    Sebelum memasuki TPS, kondisi kesehatan pemilih dicek petugas KPPS. Mereka memeriksa suhu tubuh dengan menggunakan thermo gun.

    "Terdapat pemilih yang memiliki suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius maka tidak diperbolehkan masuk ke area TPS," ungkap dia.

    Baca: KPU Revisi Anggaran Pilkada 2020

    Selama berada di dalam TPS, jarak antrean pemilih dibatasi minimal satu meter. Mereka juga diberikan sarung tangan sekali pakai saat mencoblos.

    Selain itu, pemilih menggunakan alat coblos berupa paku. Sebelum atau sesudah digunakan, alat tersebut disterilkan petugas KPPS. 




    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id