Bawaslu Daerah Diminta Sigap Melindungi Anggotanya dari Intimidasi

    Theofilus Ifan Sucipto - 16 November 2020 12:10 WIB
    Bawaslu Daerah Diminta Sigap Melindungi Anggotanya dari Intimidasi
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) daerah diminta sigap melindungi anggotanya dari intimidasi saat bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Segala bentuk ancaman harus langsung dilaporkan ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

    "Jangan sampai nanti ada (anggota) Bawaslu kita, panwascam (panitia pengawas kecamatan) kita yang dipukul, dihina, bahkan ditendang tanpa ada pembelaan,” kata anggota Bawaslu Rahmat Bagja dalam keterangan tertulis, Senin, 16 November 2020.

    Bagja mengatakan intimidasi anggota merupakan bagian dari risiko pekerjaan. Namun upaya perlindungan dan pencegahan harus dilakukan semaksimal mungkin.

    Baca: Bawaslu Janji Hasil Pengawasan Pilkada Tak Ditutup-tutupi

    “Jika ada kejadian langsung koordinasikan melalui Sentra Gakkumdu," ujar dia.

    Bawaslu daerah, kata Bagja, tidak boleh takut melaporkan segala bentuk kekerasan. Sebab, kinerja Bawaslu dijamin Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

    “Orang yang mengintimidasi telah menghalang-halangi tugas pengawasan. Panitia pengawas kecamatan (panwascam) kita harus dilindungi,” tegas Bagja.

    Bagja mengingatkan semua anggota Bawaslu wajib mengisi laporan hasil pengawasan atau formulir A. Seluruh kejadian di lokasi harus dicatat untuk memudahkan pengecekan saat melapor ke Sentra Gakkumdu.

    "Jangan sampai ada laporan dalam form A nihil. Laporan hasil pengawasan adalah kejadian di tempat perkara baik atau buruknya," tutur Bagja.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id