Pasangan Ladup Berjanji Dongkrak Insentif Guru Ngaji

    Daviq Umar Al Faruq - 07 Oktober 2020 20:57 WIB
    Pasangan Ladup Berjanji Dongkrak Insentif Guru Ngaji
    Pasangan Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq
    Malang: Pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Malang nomor urut 2, Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (LaDub), berjanji menaikkan insentif guru ngaji di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Komitmen itu disampaikan untuk meningkatkan kesejahteraan guru mengaji.

    "Guru ngaji adalah peletak dasar bagi anak untuk bisa membaca kitab suci Alquran. Namun, selama ini para guru ngaji masih belum mendapatkan insentif dan bantuan yang memadai dari pemerintah," kata Lathifah, Rabu, 7 Oktober 2020.

    Lathifah mengaku, menemukan sejumlah guru ngaji dari berbagai TPQ yang mengeluhkan soal besaran insentif dan berbagai fasilitas yang kurang memadai. Politikus PKB ini mengaku miris dengan kondisi kesejahteraan para guru ngaji.

    Cucu salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) tersebut menambahkan, selama ini bantuan insentif dari Pemkab Malang untuk guru ngaji sebesar Rp1,2 juta per tahun atau Rp 100 ribu per bulan. Dia menilai insentif guru ngaji tersebut perlu ditingkatkan.

    "Perlu dilakukan pendataan secara pasti berapa jumlah guru ngaji yang ada di Kabupaten Malang. Berdasarkan data tersebut, nantinya akan dilihat kemampuan APBD dan sumber pendapatan lainnya untuk menambah insentif guru ngaji yang tersebar di 33 Kecamatan," bebernya.

    Baca: Wapres Dukung Penguatan KASN

    Lathifah berjanji, bila terpilih berupaya meningkatkan insentif guru ngaji dua kali lipat. Termasuk, kata dia, guru ngaji akan mendapat jaminan sosial dan kesehatan. 

    Pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) Malang 2020 diikuti dua pasangan calon. Yakni pasangan calon dengan nomor urut 1, M Sanusi-Didik Gatot Subroto (SanDi) yang merupakan pasangan calon dari koalisi PDI Perjuangan, NasDem, Demokrat, Golkar, Gerindra, dan PPP.

    Kemudian, pasangan calon dengan nomor urut 2, Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (LaDub) yang merupakan pasangan calon dari koalisi PKB dan Hanura.

    Selain itu, ada pasangan lain dari jalur perseorangan yakni Heri Cahyono, dan Gunadi Handoko (Malang Jejeg). Pasangan tersebut, belum ditetapkan menjadi peserta Pilbup Malang, karena masih harus mengikuti tahapan lain usai dinyatakan lolos verifikasi faktual dukungan perbaikan.

    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id