Petugas Pemilu Reaktif Covid-19 Tak Diizinkan Bertugas

    Kautsar Widya Prabowo - 28 Juni 2020 18:17 WIB
    Petugas Pemilu Reaktif Covid-19 Tak Diizinkan Bertugas
    Komisioner KPU Ilham Saputra. Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyusun sejumlah strategi menekan penyebaran virus korona (covid-19) saat penyelenggaran Pilkada 2020. Salah satunya melakukan uji cepat atau rapid test covid-19 terhadap sejumlah kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

    "Kalau ada (petugas) yang nanti bereaktif (covid-19) kita minta untuk istirahat. Nanti bisa diambil alih oleh panitia pemilih kecamatan (PPK)," ujar Komisioner KPU Ilham Saputra dalam diskusi virtual, Minggu, 28 Juni 2020.

    Ilham menuturkan pihaknya telah melaksanakan rapid test bersama Gugus Tugas Penangan Covid-19 di sejumlah daerah penyelenggara Pilkada 2020. Langkah tersebut untuk memastikan tidak ada potensi penyebaran virus covid-19 dari penyelenggara pemilu.

    (Baca: Pemilih Bersuhu Tubuh Tidak Normal Tetap Bisa Nyoblos)

    Dia memastikan protokol kesehatan untuk pemilih juga bakal diterapkan secara ketat di tempat pemungutan suara (TPS). Pemilih dengan kondisi suhu tubuh di atas 38 derajat celsius akan ditempatkan di TPS khusus.

    "Kita buat TPS khusus di setiap TPS untuk mereka memilih. (Setelah itu) kita perintahkan untuk segera pulang," tutur dia.  

    KPU juga akan memfasilitasi pemilih dengan masker, sarung tangan sekali pakai, hand sanitazer, hingga tinta tetes sebagai tanda telah menggunakan hak suara. Penyelenggara pemilu juga mengatur waktu kedatangan pemilih ke TPS agar tidak menimbulkan penumpukan massa.

    "Prinsipnya kami menerapkan protokol covid-19 yang ketat. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan mengawasi petugas menggunakan masker, jaga jarak, dan pelindung wajah," jelas dia.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id