Pengawas Pilkada 2020 Punya Dua Pekerjaan Utama

    Media Indonesia - 11 Oktober 2020 07:03 WIB
    Pengawas Pilkada 2020 Punya Dua Pekerjaan Utama
    Ilustrasi pilkada. Medcom.id
    Jakarta: Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan menegaskan pengawas pemilihan umum memiliki pekerjaan rumah besar dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Pertama memastikan pilkada agar berjalan sesuai aturan, kedua memelototi ketaatan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

    “Selain substansi elektoral, panwaslu juga harus mengawasi penerapan protokol kesehatan. Dua-duanya sama penting jadi harus seimbang,” kata Abhan melalui keterangan tertulis, Sabtu 10 Oktober 2020.

    Baca: Bawaslu: Pengawas Pilkada Memiliki Tugas Ganda

    Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) diminta untuk melakukan pengawasan hingga ke tempat-tempat yang berpotensi mengundang keramaian. Pengawas juga diminta bekerja sama dengan pihak terkait agar protokol kesehatan ditaati.

    “Peringatan tidak mempan, ada tindakan represif seperti dibubarkan. Maka kita harus bekerja sama dengan pihak kepolisian dan Satpol PP,” kata Abhan.

    Abhan mengatakan kelompok kerja (pokja) penanganan covid-19 perlu dibentuk agar pencegahan penularan covid-19 lebih efektif. Pengawas tempat pemungutan suara (TPS) diminta fokus menjalankan fungsinya sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan Bawaslu.

    (SUR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id