KPU Demak Mulai Distribusikan APD

    Rhobi Shani - 26 November 2020 12:56 WIB
    KPU Demak Mulai Distribusikan APD
    Ilustrasi ember untuk tempat cuci tangan di TPS. Medcom.id/ Rhobi Shani
    Demak: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak, Jawa Tengah, sudah menerima sejumlah alat pelindung diri (APD) untuk penyelenggaraan Pilkada 2020. APD tersebut di antaranya handsanitizer, masker, thermogun, dan hazmat.

    Ketua KPU Demak, Bambang Setya Budi, mengatakan alat penunjang protokol kesehatan seperti ember untuk tempat cuci tangan di tempat pemungutan suara (TPS) juga sudah diterima.

    "Tinggal sarung tangan latek yang belum. Tiap-tiap TPS nanti mendapatkan satu boks sarung tangan," kata Bambang saat dihubungi Medcom.id, Kamis, 26 November 2020.

    Baca: Pemilik Ponpes Alam Agrokultural Markaz Syariah DPP FPI Berpotensi Jadi Tersangka

    Bambang menjelaskan pihaknya membutuhkan sarung tangan latek sebanyak 2.206 boks. Sementara APD yang sudah diterima saat ini dalam proses packing.

    Hasmat yang sudah diterima sebanyak dua kali jumlah TPS, yaitu 4.412 karena saat usulan perencanaan Kabupaten Demak berada di zona merah covid-19.

    "Handsanitizer nantinya setiap TPS mendapat empat botol isi 500 mililiter," ungkap Bambang.

    Dia menjelaskan APD yang sudah ada akan mulai didistribusikan kepada panitia penyelenggara kecamatan (PPK) mulai 1 Desember 2020. KPU Demak menjadwalkan pendistribusian APD selesai dalam waktu empat hari.

    "Ini sudah mulai dipacking. Nanti yang belum tinggal disusulkan," beber Bambang.

    Selain APD KPU Demak juga telah menerima sejumlah logistik Pilkada 2020. Itu seperti surat suara, segel, dan tinta. Surat suara yang diterima sebanyak 875.280 lembar. Hal tersebut sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap ditambah 2,5 persen surat suara cadangan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.011 surat suara rusak.

    "Yang belum diterima tinggal Formulis C dan C Plano. Harapan kami akhir bulan ini sudah dikirim bersama dengan surat suara pengganti yang rusak," ujar Budi.

    Pilkada Demak diikuti dua pasangan calon bupati. Yaitu pasangan Mugiyono – Gus Bad (Mugi – Hebad) dan Estianah – Joko Sutanto (Esti – Jos). Pasangan Mugi – Hebad diusung Partai NasDem dengan Gerindra. Sementara Esti – Jos diusung koalisi PDI Perjuangan bersama Golkar, PPP, PKB, PAN, dan Demokrat.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id