Surat Suara Rusak untuk Pilkada Makassar Bertambah

    Muhammad Syawaluddin - 25 November 2020 19:38 WIB
    Surat Suara Rusak untuk Pilkada Makassar Bertambah
    Seorang Petugas tangah menyortir dan melipat surat suara Pilkada Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 25 November 2020. (Foto: Medcom.id/Muhammad Syawaluddin)
    Makasar: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mencatat ada penambahan surat suara rusak untuk Pilkada Makassar 2020. Sebelumnya surat suara rusak hanya mencapai 2.468 lembar.

    "Saat ini yang masuk dalam kategori rusak ada sebanyak 6.274 lembar surat suara," kata Kasubag Keuangan Umum dan Logistik KPU Makassar, Mustar Jaya, Rabu, 25 November 2020.

    Mustar menjelaskan kerusakan surat suara tersebut didominasi oleh adanya noda tepat pada foto empat pasangan calon. Selebihnya, seperti sobek, dan warna yang berbeda. Jumlah itu kemungkinan bertambah mengingat saat ini masih dalam proses sortir dan lipat. 

    "Besok baru kami hitung totalnya. Karena hari ini masih proses sortir dan lipat," jelasnya. 

    Baca juga: Polri Jamin Keamanan Distribusi Logistik Pilkada 2020

    Surat suara yang masuk dalam kategori rusak nantinya akan dilaporkan ke penyedia untuk kemudian diganti. Proses sortir ini melibatkan sebanyak 250 orang, masing-masing petugas proses penyortiran dan pelipatan ini diupah Rp200 untuk setiap lembar surat suara. 

    "Proses sortir dan pelipatan diharapkan selesai hari ini," kata dia.

    Mustar menambahkan surat suara yang masuk kategori rusak akan ditampung dan dimusnahkan. Namun, harus mendapatkan persetujuan dari beberapa stakeholder termasuk pihak penyedia. 

    Selain surat suara logistik untuk pilkada juga telah tiba seperti kotak suara, tinta, bilik suara, segel, sampul, serta pengikat kotak suara.


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id