KPU Petakan Ketersedian Jaringan Internet di Daerah

    Kautsar Widya Prabowo - 12 November 2020 16:01 WIB
    KPU Petakan Ketersedian Jaringan Internet di Daerah
    Ilustrasi pemilihan umum. Medcom.id/M Rizal
    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memetakan wilayah dengan jaringan internet yang belum memadai. Pemetaan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran penerapan Sistem Rekapitulasi Suara Elektronik (Sirekap) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

    "KPU kabupaten kota memastikan titik koordinat setiap tempat pemungutan suara (TPS) di  wilayah kerjanya dan memetakan jaringan internet," ujar Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 12 November 2020.

    Pemetaan ini tertuang dalam Pasal 24 b ayat (1) Peraturan KPU (PKPU) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilu. Evi menyebut dalam PKPU tersebut juga membagi tiga tingkatan ketersediaan jaringan internet di TPS.

    Wilayah dibagi menjadi TPS dengan jaringan internet baik, TPS dengan jaringan internet lemah dan TPS dengan tidak memiliki jaringan internet. KPU akan akan menyusun strategi untuk daerah dengan jaringan internet yang tidak memadai.

    "Pemetaan jaringan internet digunakan sebagai ketentuan lokasi pengiriman hasil suara Sirekap," jelas Evi.

    Baca: KPU Pastikan Sirekap Tetap Digunakan dalam Pilkada 2020

    Sebelumnya, Komisioner KPU Ilham Saputra menjelaskan daerah yang belum terjangkau internet diusahkan dapat segera teratasi. KPU telah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan sejumlah provider.

    "Bagaiman daerah yang internetnya bermasalah? Bisa difoto, di-share ke masing-masing pengawas TPS dan saksi, nanti kita upload. Sambil kemudian dibawa ke kecamatan, karena mungkin (di kecamatan) ada internet," ujar Ilham.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id