Tambahan Anggaran Pilkada 2020 Dipangkas Rp1 Triliun

    Kautsar Widya Prabowo - 10 September 2020 19:54 WIB
    Tambahan Anggaran Pilkada 2020 Dipangkas Rp1 Triliun
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Tambahan anggaran untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 tak sepenuhnya disetujui. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hanya mencairkan tambahan Rp3,7 triliun.

    "Tahap pertama disetujui Rp941 miliar. Tahap kedua disetujui Rp2,8 triliun. Jadi total Rp3,7 triliun," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 10 September 2020. 

    Pihaknya telah mengajukan penambahan dana ke Kemenkeu sebesar Rp4,7 triliun. Jumlah tersebut sudah dikurangi dari usulan sebelumnya sebesar Rp5,6 triliun. 

    Baca: Tambahan Anggaran Pilkada 2020 Rp3,7 Triliun di Kantong KPU

    Mekanisme pencairan dana tambahan sebesar Rp4,7 triliun dilakukan dalam tiga tahapan. Namun tambahan dana hanya disetujui Rp3,7 triliun melalui dua kali pencairan. 

    "Saya terima kasih kepada Pak Menteri Dalam Negeri (Tito Karnavian) ini mempercepat (pencairan), tidak perlu lagi menunggu sampai Oktober 2020 (pencairan tahap ketiga)," kata Arief.

    Dia menyebut pemangkasan anggaran tambahan berdampak pada beberapa hal. Salah satunya terkait sosilisasi tahapan pilkada dengan mengikuti protokol covid-19. 

    "Bagian yang dipangkas sosialisasi, bimbingan teknis, rapat koordinasi. Kegiatan semacam itu tidak bisa dilakukan secara masif, KPU hanya bisa lakukan melalui daring," kata Arief.

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id