2.468 Lembar Surat Suara Pilkada Makassar Rusak

    Muhammad Syawaluddin - 24 November 2020 17:43 WIB
    2.468 Lembar Surat Suara Pilkada Makassar Rusak
    Petugas melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. (Foto: Medcom.id/Muhammad Syawaluddin)
    Makassar: Setelah melakukan sortir dan lipat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menemukan sebanyak 2.468 surat suara dalam kondisi rusak. 

    Sekretaris KPU Kota Makassar, Asrar Marlang, mengatakan total surat suara yang sudah diperiksa sebanyak 259.715 lembar. Ribuan surat suara yang masuk kategori rusak akan dilaporkan ke penyedia untuk diganti. 

    "2.468 surat suara yang dikategorikan rusak akan kami laporkan ke penyedia untuk diganti," katanya, Selasa, 24 November 2020.

    Kerusakan ribuan surat suara tersebut beragam seperti sobek, ada noda dalam surat suara, khususnya noda yang tepat berada di foto pasangan calon, serta salah cetak. Temuan itu akan dilaporkan ke penyedia setelah seluruh surat suara yang masuk ke KPU telah disortir dan dilipat. 

    Baca juga: Survei: Nina-Lucky Unggul pada Jajak Pendapat Pilbup Indramayu

    Asrar Marlang juga mengatakan, proses sortir dan lipat surat suara ditargetkan rampung pada 25 November 2020. Sehingga, bisa segera melaporkan kerusakan surat suara untuk kemudian diganti dan didistribusikan. 

    Proses sortir melibatkan sebanyak 250 orang, masing-masing petugas proses penyortiran dan pelipatan diberi upah Rp200 per lembar surat suara. Banyaknya petugas sortir dan lipat yang dilibatkan diharapkan mempercepat proses pekerjaan.

    "Setelah ini akan dilanjutkan untuk pengepakan logistik lainnya seperti kotak suara. Kita sudah dapat dan setelah ini akan kita distribusikan ke setiap kecamatan dan kelurahan," jelasnya 

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id