Mahfud: Pelaksanaan Pilkada Harus Kondusif

    Theofilus Ifan Sucipto - 24 November 2020 01:43 WIB
    Mahfud: Pelaksanaan Pilkada Harus Kondusif
    Menko Polhukam Mahfud MD/MI/Susanto
    Jakarta: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 berlangsung kondusif. Seluruh pihak harus bekerja sama menyukseskan pesta demokrasi pada 9 Desember 2020.

    "Dua belas hari ke depan kita jangan sampai lengah. Kita jaga betul agar situasi tetap kondusif. Masa tenang tanggal 6 sampai 8 Desember juga harus kita pastikan benar-benar tenang," kata Mahfud saat memimpin rapat analisa dan evaluasi tahapan Pilkada Serentak di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin, 23 November 2020.

    Mahfud menyebut seluruh pihak berperan menyukseskan Pilkada 2020. Mulai dari pemerintah daerah, peserta pilkada, aparat keamanan, hingga elemen masyarakat.

    Selain keamanan, kata Mahfud, prioritas lainnya adalah pelaksanaan protokol kesehatan yang tepat. Kerumunan masyarakat juga harus diantisipasi dengan mengatur jadwal mencoblos.

    "Demikian pula dengan distribusi logistik harus sudah dipastikan sampai tepat waktu dan aman," ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

    Baca: Bawaslu Temukan 2.322 Pelanggaran Sejak Awal Tahapan Pilkada

    Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, memaparkan skema jadwal pencoblosan. Jam kedatangan ke tempat pemungutan suara (TKP) bakal dibagi menjadi lima kelompok. KPU telah mensimulasikan skema ini di 104 kabupaten/kota.

    "Kelompok pertama jam 07.00 sampai 08.00 pagi, kelompok kedua jam 08.00 sampai 09.00 pagi, begitu seterusnya sampai dengan terakhir jam 12.00 sampai 13.00 siang," kata Arief.

    Arief optimistis skema itu manjur membuat masyarakat datang ke TPS. Sebab, tingkat partisipasi saat simulasi mencapai 77 persen.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id