212 Daerah Terima Tambahan Anggaran Pilkada 2020

    Theofilus Ifan Sucipto - 30 Juli 2020 19:14 WIB
    212 Daerah Terima Tambahan Anggaran Pilkada 2020
    Ilustrasi anggaran. Medcom.id/M Rizal
    Jakarta: Tambahan anggaran tahap pertama untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 sebesar Rp941 miliar tuntas tersalurkan. Namun, tambahan untuk anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) masih dalam proses.

    “Sampai hari ini kalau anggaran APBN sudah tertransfer semua yang tahap pertama ke provinsi dan kabupaten/kota,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis, 30 Juli 2020.

    Anggaran dari APBD baru tersalurkan 100 persen ke 212 kabupaten/kota. Arief mengatakan masih ada 58 daerah lagi yang belum rampung.

    “Sebagian besar (sudah ditransfer) 40 sampai 80 persen. Hanya dua atau tiga daerah yang (baru ditransfer) di bawah 40 persen,” terang dia.

    Arief menilai tidak ada lagi alasan untuk tidak mempersiapkan alat pelindung diri (APD). Sebab, anggarannya sudah diserahkan ke masing-masing daerah.

    Baca: 137 Daerah Telah Menerima Anggaran Pilkada 100%

    Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyetujui pengajuan penambahan anggaran Pilkada Serentak 2020 sebesar Rp4,7 triliun. Pencairan anggaran tersebut dibagi dalam tiga tahap.
     
    Tahap pertama akan dicairkan Rp1,024 triliun pada Juni 2020. Tahap kedua, Rp3,28 triliun pada Agustus 2020. Kemudian, tahap tiga Rp457 miliar diminta dicairkan pada Oktober 2020.

    Tambahan anggaran akan digunakan untuk membelanjakan alat pelindung diri (APD) bagi petugas yang bertemu langsung dengan masyarakat. Hal itu akan diterapkan pada tahapan verifikasi faktual syarat dukungan calon perseorangan, serta pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

    (SUR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id