BNN Diminta Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkoba Peserta Pilkada

    Zaenal Arifin - 28 Juli 2020 14:03 WIB
    BNN Diminta Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkoba Peserta Pilkada
    Penandatanganan MoU BNN-Bawaslu, Selasa, 28 Juli 2020. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin
    Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) mendeteksi dini penyalahgunaan narkoba pada pengawas maupun peserta pemilihan kepada daerah (pilkada). Hal ini menjadi poin utama nota kesepahaman (MoU) BNN dan Bawaslu.

    "Bawaslu dan BNN butuh pertukaran data dan info terkait upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dengan tetap menjaga kerahasiaan," kata Ketua Bawaslu Abhan di Gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa, 28 Juli 2020.

    Menurut dia, calon peserta pilkada harus bebas dari penyalahgunaan narkotika. Pihaknya harus mengawasi apakah syarat ini terpenuhi atau tidak oleh calon peserta pilkada. Bawaslu berharap BNN menginformasikan calon peserta pilkada yang terindikasi menyalahgunakan narkoba.

    "Mudah-mudahan MoU ini secepatnya ditindaklanjuti. Ini sudah ditunggu karena tahapan pencalonan ini pada bulan September sudah mulai. Baik yang diusung oleh partai politik (parpol) atau calon perseorangan," ucap Abhan.

    Baca: Bawaslu Gandeng BNN Sterilkan Pengawas Pilkada dari Narkoba

    Kepala BNN Komisaris Jenderal (Komjen) Heru Winarko siap membantu Bawaslu. Dia akan mengecek calon kepala daerah yang sebelumnya sudah terseleksi administrasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT).

    "Bagaimana bersama-sama mengajak KPU (Komisi Pemiluhan Umum) dan Bawaslu mengawal ini. Di BNN, saya sudah sampaikan, sudah ketemu Ketua KPU (Arief Budiman) dan bersama Ketua KPK (Firli Bahuri) dan BNPT (Komjen Boy Rafli Amar)," ujar Heru.

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id