Bawaslu Pelototi Penerapan Protokol Kesehatan di Tahapan Pilkada

    Anggi Tondi Martaon - 22 Juni 2020 22:12 WIB
    Bawaslu Pelototi Penerapan Protokol Kesehatan di Tahapan Pilkada
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memelototi penerapan protokol kesehatan pada tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Ketentuan ini harus dijalankan penyelenggara karena pesta demokrasi tingkat daerah dilakukan di tengah pandemi virus korona (covid-19).

    "Protokol kesehatan pencegahan covid-19 sudah menjadi tata cara dan prosedur dalam pelaksanaan Pilkada 2020 sehingga menjadi objek pengawasan Bawaslu," kata Koordinator Bidang Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu Fritz Edward Siregar dalam rapat konsultasi Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin, 22 Juni 2020.

    Menurut dia, Bawaslu bakal menindak penyelenggara yang tidak menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Bawaslu bakal memberikan saran perbaikan terhadap penyelenggaraan tahapan pilkada.

    "Bawaslu, bawaslu provinsi, bawaslu kabupaten/kota, panwaslu (panitia pengawas pemilu) kecamatan, panwaslu kelurahan/desa, dan atau pengawas TPS (tempat pemungutan suara) memberikan saran perbaikan sesuai dengan tingkatannya," ungkap dia.

    Setidaknya ada beberapa hal yang akan diperhatikan Bawaslu pada setiap penyelenggaraan tahapan pilkada. Hal ini meliputi penggunaan alat pelindung diri (APD), ketentuan jaga jarak, ketersediaan sanitasi, pengecekan suhu tubuh, dan lain sebagainya.

    Baca: Rekapitulasi Suara Pilkada 2020 Secara Elektronik

    Selain itu, petugas Bawaslu diwajibkan menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan tugas. Bawaslu juga mewajibkan seluruh jajarannya memeriksa kondisi sebelum dan sesudah menjalankan tugas.

    "Memeriksa suhu tubuh sebelum dan sesudah melaksanakan tugas pengawasan," ujar dia.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id