KPU Gresik Butuh 15.869 Petugas KPPS untuk Pilkada 2020

    Antara - 20 Oktober 2020 23:40 WIB
    KPU Gresik Butuh 15.869 Petugas KPPS untuk Pilkada 2020
    ilustrasi Medcom.id
    Gresik: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik, Jawa Timur, membutuhkan sebanyak 15.869 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

    Anggota KPU Gresik Divisi Sosialisasi dan SDM, Makmun, mengatakan saat ini lembaganya telah menerima sebanyak 16.526 orang yang mendaftar sebagai calon anggota KPPS, dan nantinya disaring menjadi 15.869 orang, sesuai kebutuhan.

    "Untuk saat ini tahapan pembentukan anggota KPPS sudah memasuki babak penelitian administrasi. Pada Rabu (21/10), hasil seleksi itu akan diumumkan oleh KPU Gresik," kata Makmun di Gresik, Selasa, 20 Oktober 2020.

    Baca: Tiga Paslon di Sidoarjo Dipanggil Terkait Protokol Kesehatan

    Ia mengatakan pengumuman anggota KKPS akan disampaikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap desa, dan dalam pengumuman itu masyarakat boleh menyampaikan tanggapan terhadap calon anggota KPPS, sebagai upaya transparansi dan menjaga netralitas.

    "Barangkali ada anggota KPPS yang menjadi petugas partai dan tim sukses. Masyarakat bisa protes dan menyampaikannya, sehingga calon KPPS tersebut harus diganti," jelasnya.

    Makmun menjelaskan dari total anggota KPPS yang terpilih akan ditempatkan sebanyak 7 orang di setiap TPS ditambah petugas ketertiban Pilkada Gresik.

    Jumlah TPS pada Pilkada Gresik mencapai 2.264 TPS, jumlah itu bertambah 64 TPS dari awalnya 2.200 TPS. Tambahan TPS dilakukan untuk menghindari kerumunan pemilih saat pelaksanaan Pilkada 2020.

    "Untuk menghindari lonjakan pemilih saat pilkada nanti, kami sepakat menambah jumlah TPS, hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan pilkada tetap aman dari penyebaran covid-19," ujar Makmun.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id