KPU dan Dukcapil Berkoordinasi Intens Terkait Pemilih Belum Memiliki KTP-el

    Kautsar Widya Prabowo - 19 November 2020 09:58 WIB
    KPU dan Dukcapil Berkoordinasi Intens Terkait Pemilih Belum Memiliki KTP-el
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan pendaatan daftar pemilih tetap (DPT) yang belum mengantongi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). KTP-el menjadi syarat utama bagi pemilih yang akan menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

    Komisioner KPU Viryan Azis mengaku berkoordinasi intens dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Ini dilakukan agar tidak ada perbedaan data di kedua institusi tersebut.

    "Koordinasi KPU dan Dukcapil selalu berjalan sejak awal sampai sekarang dan nanti," ujar Viryan kepada Medcom.id, Kamis, 19 November 2020.

    Viryan menyebut dalam seminggu pihaknya sudah dua kali berkoordinasi terkait sinkronisasi data. Saat ini, jumlah DPT yang belum memiliki KTP-el semakin menurun.

    "Jumlah terus menurun seiring dengan kegiatan kolaboratif penuh Dukcapil dan KPU dalam rekam KTP-el di seluruh daerah," kata dia.

    Baca: KPU Jamin Daerah Penyelenggara Pilkada Displin Protokol Kesehatan

    Sebelumnya, terdapat perbedaan data DPT Pilkada 2020 terkait kepemilikan KTP-el. KPU disebut memaksakan perbedaan data yang cukup besar.

    Ada perbedaan data DPT yang sudah memiliki KTP-el dan yang belum dalam susunan daftar pemilih buatan KPU. Dukcapil sudah meminta data tersebut pada KPU. Namun, penyelenggara belum merespons permintaan itu.

    Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh KPU, jumlah DPT yang belum memiliki KTP-el mencapai 1.754.751 pemilih. Sedangkan pemilih telah memiliki KTP-el sebanyak  98.604.401.

    Provinsi paling banyak belum merekam data kependudukan untuk KTP-el, ialah Papua 189.593 pemilih, Jawa Timur 187.187 pemilih, Sumatra Utara 165.196 pemilih, dan Jawa Tengah 145,738.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id