LHKPN Belum Jadi Instrumen Penting Kampanye Pilkada 2020

    Fachri Audhia Hafiez - 21 Oktober 2020 16:23 WIB
    LHKPN Belum Jadi Instrumen Penting Kampanye Pilkada 2020
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dinilai belum menjadi instrumen penting dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Khususnya dalam tahapan kampanye.

    "Misalnya mengenai role model isu-isu kampanye apa yang terkait dengan LHKPN," kata Ketua Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM)/Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Pusat Muhammadiyah M Busyro Muqoddas dalam diskusi virtual bertajuk 'Evaluasi Metode dan Isu Kampanye Pilkada di Masa Pandemi', Rabu, 21 Oktober 2020.

    Dia mengatakan perlu keterlibatan masyarakat sipil dan organisasi kemasyarakatan menggodok instrumen pencegahan korupsi. Terpenting, ada konsep bersama antara lembaga negara atau pemerintah serta komisi negara dengan masyarakat sipil.

    "Jika KPU dan Bawaslu bersama masyarakat sipil termasuk Muhammadiyah bisa meng-arrange satu konsep yang itu nanti bisa diterapkan di pilkada mendatang," ujar Busyro.

    Baca: Paslon Masih Ogah Lakukan Kampanye Daring

    Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini mengatakan LHKPN menjadi isu penting untuk mengawal ketaatan kepala daerah menyampaikan kekayaannya. Dengan LHKPN, kata Busyro, kecurangan, tipuan, atau bahkan unsur kekhilafan, bisa dipantau.

    "Perlu panduan-panduan untuk menolong kepala daerah itu memiliki percaya diri. Bahwa LHKPN itu sebagai sistem moral yang dijadikan instrumen, yang perlu dipahami," kata Busyro.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id