Cagub Kalteng Sugianto Sabran Target Tingkatkan APBD Hingga Rp8 Triliun

    Whisnu Mardiansyah - 11 Oktober 2020 21:14 WIB
    Cagub Kalteng Sugianto Sabran Target Tingkatkan APBD Hingga Rp8 Triliun
    Calon Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran
    Palangkaraya: Calon Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan salah satu targetnya lima tahun mendatang meningkatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalimantan Tengah. APBD Kalteng dipatok meningkat dua kali lipat lima tahun ke depan. 

    Calon yang diusung oleh Partai NasDem itu berjanji akan meningkatkan APBD Kalteng yang saat ini tercatat hanya Rp5 triliun menjadi Rp8 sampai 18 triliun. Caranya dengan menjadikan Kalteng daerah pusat industri penghasil pangan, buah, daging, dan gula.

    “Industrinya akan dibangun di Kalteng, akan menghasilkan tepung tapioka, 7 tahun kedepan paling dikit APBD Kalteng Rp15 triliun. Nah, ini butuh kerja keras. Gubernur harus berani, jeli melihat peluang,” kata Sugianto, Minggu 11 Oktober 2020. 

    Ia memahami tak selamanya pembangunan hanya mangandalkan APBD. Terlebih APBD yang jumlahnya sangat terbatas. Ia berkomitmen mencari sumber pendanaan lain. 

    “Seorang Gubernur jangan cuma pakai APBD pintarnya, buat kartu prasejahtera, untuk rakyat miskin, gratis biaya rumah sakit, BPJS gratis, ini itu. Gampang itu Cuma kebijakan. Tapi bagaiamana mencari uang untuk Kalteng itu yang lebih penting,” ujarnya.

    Peningkatan APBD itu, terang Sugianto untuk merealisasikan program-programnya ke depan. Terutama pembangunan infrakstruktur jalan dan jembatan mulai dari kota hingga ke desa-desa. 

    “Lima tahun ini kami fokus di infrastruktur jalan-jalan propinsi, jembatan, termasuk bekerja sama dengan Kemen PUPR,” ucapnya.

    Dia pun menargetkan, hingga tahun 2024 nanti bila kembali terpilih tidak ada lagi desa tertinggal.
    "Tahun 2023 tidak ada lagi desa yang tidak berlistrik di Kalteng. Kalau ada desa yang tidak teraliri listrik saya mundur dari Gubernur Kalimantan Tengah. Percuma janji-janji, saya malu, Pak,” ungkapnya. 
     

    (ALB)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id