Rusdi Mastura Bakal Tingkatkan Anggaran Pendidikan Sulteng

    Deny Irwanto - 14 November 2020 16:33 WIB
    Rusdi Mastura Bakal Tingkatkan Anggaran Pendidikan Sulteng
    Calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura. Dokumentasi/ Metro TV.
    Jakarta: Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdi Mastura-Ma'mun Amir (CERDAS) bertekad meningkatkan pendidikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    Rusdi mengatakan strategi untuk menyokong peningkatan pendidikan adalah dengan meningkatkan anggaran pendidikan yang saat ini hanya 9% dari total APBD menjadi 20%.

    "Kalau saya jadi gubernur akan saya tingkatkan anggaran pendidikan harus bisa menjadi 20% sesuai undang-undang kita. Itu yang harus kita lakukan," kata Rusdi dalam debat publik cagub-cawagub Sulteng 2020, Sabtu, 14 November 2020.

    Baca: Rusdi Mastura Siapkan Sekolah Vokasi untuk Tingkatkan IPM

    Menurut data Kemendikbud Mei 2020, angka putus sekolah di Sulteng pada tingkat SD mencapai 1.213 siswa, SMP 1.023 siswa, dan SMA 513 siswa. Rusdi menyakini angka putus sekolah tersebut bisa ditekan jika anggaran pendidikan lebih besar.

    Menurutnya anggaran tersebut bisa digunakan untuk berbagai kepentingan yang mendorong warga kurang mampu tetap sekolah, seperti fasilitas penunjang sekolah gratis hingga operasional sekolah dari tingkat SD hingga tertinggi juga bisa gratis.

    "Kalau anggarannya besar, perencanaan pendidikan ke depan mau apa bisa direncanakan, sehingga anak-anak putus sekolah bisa sekolah, kita bikin tanggungjawab kepada orang tuanya, kita bantu, orang-orang saya dorong waktu saya jadi wali kota, beri dia pakaian, kita berikan segala macam," ujar Rusdi.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id