comscore

Media Group News Summit: Candradimuka Melawan Pandemi Covid-19

Wandi Yusuf - 24 Januari 2021 08:35 WIB
Media Group News Summit: Candradimuka Melawan Pandemi Covid-19
Tangkapan Layar Program Newsmaker edisi CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib
 
 
Konsepnya akan seperti apa MGN Summit ini? Apakah digelar fisik atau virtual?
 
Nomor satu kita harus tetap menggunakan protokol kesehatan. Itu menjadi keharusan. Makanya kemudian kita menggunakan metode hybrid. Sebagaian sesuai dengan jumlah persyaratan bisa hadir, tapi yang lainnya kemudian mengikuti secara virtual.
 
Modelnya akan ada tiga atau empat narasumber dari pihak regulator, pengambil kebijakan, ada enam panelis mulai dari akademisi, pelaku usaha, milenial, bahkan dari pemangku-pemangku usaha lainnya. Kemudian berdialog dan menghasilkan suatu solusi.
 
Juga diikuti oleh seluruh peserta bukan cuma dari Indonesia. Bahkan, dari negara-negara tetangga secara zoom dan asosiasi industri yang terkait sama tema-tema yang dibahas.
 
Jadi, kita harapkan nanti betul-betul hidup. Harus punya dampak, harus punya influence. Bukan cuma menghasilkan solusi bersama, tapi bagaimana kemudian ini bisa disadari, dipahami, dan kemudian bisa dijalankan gitu.
 
Karena hampir dari seluruh kampus mustinya hadir. Baik rektor, dekan, kemudian akademisi. Kemudian dari asosiasi, pelaku usaha, bahkan unit-unit kerja dari PBB seperti WHO, UNICEF, dan segala macam. Juga kemudian pelaku-pelaku usaha itu sendiri.
 
 
Nilai apa yang ingin diraih Media Group News sebagai penyelenggara acara ini?
 
Media Group News ini sebuah ekosistem media yang didirikan chairman kita Surya Paloh. Kemudian, di bawahnya media-media ekosistem mulai dari online, broadcast, kemudian printing, audio, dan lain-lain.
 
Menjadi sebuah ekosistem yang memiliki value yang satu, yaitu bukan sekadar menghadirkan informasi dan berita. Tapi, bagaimana informasi dan berita itu bisa memberikan dampak dan pengaruh.
 
Jadi, kalau cuma memberikan info atau berita, itu rasa-rasanya tidak menjadi jurnalisme kita saat ini. Jadi, harus bisa juga memberikan solusi.
 
Media Group News harus bisa hadir di mana akses pendidikan belum merata. Media Group News harus hadir ketika UMKM butuh affirmative action untuk tumbuh menjadi industri besar. Bahkan, terhadap hewan dan tumbuhan yang belum sepeka di tempat-tempat lain bisa kita tumbuhkan. Bahkan, empati dan edukasi itu harus hadir dalam setiap nilai, setiap konten yang dihasilkan oleh MGN.
 
Dalam konteks besarnya, makanya kita memandang perlu untuk menghadirkan sebuah tempat empati dan edukasi itu bisa bertemu. Tempat itu, ya Media Group News Summit.
 
Industri pada jatuh, terpuruk, ekonomi semua butuh keseimbangan baru. Rasa-rasanya kalau kita cuma berdiam diri, kita gagal menjadi sebuah media yang punya ekosistem yang cukup besar. Makanya kita memandang perlu untuk membuat event seperti ini.
 
Empati itu adalah bagaimana Media Group News melihat mitra-mitra kerja, industri dan segala macam, bukan cuma sebagai rekan bisnis, tapi juga mitra seiring bersama. Waktu ekonomi lagi tumbuh kita semuanya bisa salaman, bisa bisnis bersama-sama. Ketika ekonomi sedang sama-sama lagi di posisi bawah, apa yang bisa kita lakukan supaya kita juga bisa tumbuh bersama? Media Group News Summit ini adalah satu jawaban yang bisa kita harapkan.
 
Kemudian edukasi. Banyak hal yang perlu diedukasikan ke masyarakat. Agar setelah pandemi kita kemudian menjadi lebih siap untuk menghadapi problematika yang baru.
 
Media Group News Summit ini bisa diikuti melalui streaming, online di Medcom.id, kemudian melalui Media Indonesia, printing juga. Dan lebih penting semua hasilnya bisa diakses melalui sebuah web khusus.


(UWA)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING

HOT ISSUE

  • Array
MORE
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id