comscore

Media Group News Summit: Candradimuka Melawan Pandemi Covid-19

Wandi Yusuf - 24 Januari 2021 08:35 WIB
Media Group News Summit: Candradimuka Melawan Pandemi Covid-19
Tangkapan Layar Program Newsmaker edisi CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib
 
 
Yang mau diubah di Media Group News Summit ini mindset masyarakatnya atau pengambil kebijakannya? Atau justru sektor riil, pelaku usahanya, atau bagaimana?
 
Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah saat ini, khususnya untuk mengakomodasi Protokol Kyoto dan Paris Agreement, sebenarnya itu sudah kelihatan. Termasuk juga di UU Minerba terakhir (UU No 3 Tahun 2020 tentang Perubahan atas UU No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara), bisa kita lihat di situ implementasinya.
 
Tapi, ini tidak bisa berhenti di situ. Butuh kemudian pemahaman dari seluruh sektor. Pemahaman dan keikhlasan karena energi lama, energi fosil, itu sudah menjadi ekosistem sedemikian besar. Sudah menjadi mata rantai industi yang cukup matang.
 
Bagaimana kemudian membuat sebuah mata rantai ekosistem bisnis baru lagi. Dalam energi terbarukan dan migas atau alternatif energi lain. Ini kan tak mudah. Tak mudah memutus mata rantai dan kemudian meyakinkan bahwa sektor ini jauh lebih baik dan menguntungkan dan tidak merugikan. Belum juga pemain-pemain industri yang sudah mature di industri minyak
 
Ini yang dibutuhkn gerak bersama. Pemerintah sudah berjalan, tapi kemudian bagaimana mengimplementasikan dengan sektor industri, sektor riil, bahkan dengan pelaku-pelaku usaha dari luar.
 
 
Makanya penting mengedepankan keihklasannya...
 
Penting tujuannya dulu. Kalau kita sudah menyepakati tujuan bersama, sudah ditentukan bahwa (tahun) dua ribu sekian kita harus (beranjak) sekian persen harus menggunakan gas, minyaknya kita turunin sekian persen. Kemudian tahun berapa.
 
Jangan lupa nanti tahun 2023 kita ada G20 kan di Labuan Bajo. Bisa dibayangkan kalau laut yang sebening itu, kemudian yang datang masih menggunakan energi lama, bagaimana lautnya bisa tetap sebersih itu. Belum lagi kapal-kapal yang merapat dan seterusnya.
 
Pelan-pelan jadikan sebagai pilot project. Di sana kita endorse untuk menggunakan energi terbarukan, kemudian kelestarian dari Labuan Bajo mestinya tetap terus terjaga.


 
Halaman Selanjutnya
    Konsepnya akan seperti…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING

HOT ISSUE

  • Array
MORE
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id