comscore

Media Group News Summit: Candradimuka Melawan Pandemi Covid-19

Wandi Yusuf - 24 Januari 2021 08:35 WIB
Media Group News Summit: Candradimuka Melawan Pandemi Covid-19
Tangkapan Layar Program Newsmaker edisi CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib
 
Untuk isu pemulihan ekonomi (economi recovery), bisa dijelaskan apa titik berat di tema ini?
 
Kekuatan kita dalam membangun ekonomi ke depan ada di usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Bagaimana strategi UMKM ini? Itu salah satu yang mau kita denger. Bagaimana itu menjadi supporting system bagi industri yang lebih besar?
 
Jadi, dia tidak berjalan sendiri. Ada grand strategy ekonomi. Bagaimana ekonomi bisa dibangun bersama-sama ke depan, tanpa meninggalkan UMKM, tapi juga menumbuhkan terus sektor industri besar melalui investasi yang kita butuhkan.
 
Nah, kalau kita tarik lebih ujung, kenapa harus ditumbuhkan? Karena kita membutuhkan demand yang cukup besar. Hari ini bukan cuma supply, tapi daya beli yang paling penting. Bagaimana orang kemudian supaya belanja. Orang Kalau mau belanja, harus ada barangnya. Barangnya ada, harganya juga harus memadai.
 
Ini yang harus didorong. Bagaimana menemukan titik ekuilibrium antara pandemi dengan ekonmi. Bagaimana orang supaya bisa belanja? Stimulus pemerintah diturunkan. Kita melihat bansos bentuknya menjadi cash. Itu bisa mendorong masyarakat untuk bisa belanja. Termasuk insentif-insentif lainnya. Beberapa negara memberikan insentif untuk kemudian bisa berwisata dan berbelanja. Bagaimana orang mau belanja dulu, Bagaimana ekonomi berputar. UMKM di situ berperan.
 
 
Apa saja yang ingin dicapai di Media Group News Summit ini?
 
Paling penting sebenarnya pemahaman bersama. Baik dari sisi akademisi, praktisi, dan lain-lain. Banyak sektor industri juga belum paham sebenarnya insentif untuk sektor ini sudah tersedia. Itu paling penting.
 
Yang kedua, bagaimana merealisasikan insentif itu. Bahwa ada kendala di lapangan itu perlu dibahas, tapi pemahaman bersama dulu bahwa kita sudah berbuat dengan baik.
 
Dialog ini yang kita harapkan terjadi. Insyaallah hadir Menteri Keuangan, pakar di sektor keuangan, akademisi, rektor, praktisi, hingga pelaku usaha. Melalui kehadiran mereka diharapakn dapat satu solusi bersama. Bukan mulai dari nol, tapi mematangkan yang sudah berjalan.


 
Halaman Selanjutnya
  Untuk tema tourism, apa…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING

HOT ISSUE

  • Array
MORE
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id