comscore

Media Group News Summit: Candradimuka Melawan Pandemi Covid-19

Wandi Yusuf - 24 Januari 2021 08:35 WIB
Media Group News Summit: Candradimuka Melawan Pandemi Covid-19
Tangkapan Layar Program Newsmaker edisi CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib
 
 
Output apa yang diharapkan dengan mempertemukan banyak pihak dalam Media Group News Summit?
 
Pertama, rekomendasi itu akan di ujung, tapi bukan sekadar itu. Hari ini mulai dari pemerintah betul-betul punya berbagai program, strategi yang tujuannya baik untuk semua, masyarakat, pelaku industri, dan lain-lain. Kemudian, pelaku industri juga punya niat baik juga, tapi dalam beberapa titik tak ketemu.
 
Akhirnya terjadilah semacam, belum tentu menjadi sinergi memecahkan masalah. Nah, summit ini lebih pada mempertemukan bagaimana komunikasi itu.
 
Umpamanya di sektor ekonomi. Luar biasa insentif yang diberikan oleh pemerintah. Hampir di seluruh sektor, seperti bantuan sosial dan bantuan lainnya. Tapi, apakah masyarakat merasa bahwa metode ini yang paling pas? Apa yang dirasakan mereka? Apa yang diperlukan? Ajang ini sebenarnya mempertemukan itu, supaya terjadi perbaikan ke depan secara bersama-sama.
 
 
Apa yang mendasari Media Group News Summit mengangkat empat isu, yakni pemulihan ekonomi (economy recovery), kesehatan masyarakat (public health), energi hijau (energy go green), dan pariwisata (tourism)?
 
Kita melakukan survei kecil-kecilan bersama lembaga yang sudah kita tunjuk. Kemudian, muncul empat isu besar ini yang menjadi konsen masyarakat. Selanjutnya, konsentrasi pada kebutuhan Indonesia ke depan.
    
Empat isu ini diharapkan bisa menjadi pull factor untuk solusi bersama. Keempat sektor ini, apabila kita dapat jalan keluarnya, dan kita sinkronisasi apa-apa yang kita butuhkan ke depan, sudah bisa menjadi pull factor untuk hampir keseluruhan permasalahan yang ada.
 
 
Bicara soal public health, apa yang mau disasar?
 
Vaksinasi, misalnya. Pemerintah punya strategi yang luar biasa. Tapi, apakah proses ini sudah dengan kondisi riil masyarakat di bawah? Apakah yang sudah direncanakan dengan tujuan baik ini, sama dengan apa yang dianggap masyarakat baik? Ini yang perlu dikomunikasikan.
 
Apakah cukup dengan satu jenis vaksin? Apakah ini digratiskan full seperti disampaikan Presiden? Di satu sisi ini baik untuk menciptakan herd immunity (kekebalan komunitas), tapi di sisi lain untuk yang bisa mandiri dapat giliran kapan?
 
Belum lagi apakah vaksin ini bisa double. Umpamanya ada vaksin yang lebih ampuh, apakah bisa disuntik lagi? Dan seterusnya.
 
Dan saya yakin pemerintah punya jawabannya. Dan ini yang perlu dikomunikasikan. Ada beberapa hal yang perlu masukan dari praktisi kesehatan. Ini yang akan dipertemukan.
 
Makanya, tema Media Group News Summit: Indonesia 2021 ini adalah membangun optimisme bersama. Jadi, bukan sekadar mengetahui masalahnya, tapi solusi apa yang kita bisa bangun bersama. Ini yang nanti bisa menjadi acuan ke depan.


 
Halaman Selanjutnya
  Untuk isu pemulihan ekonomi…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING

HOT ISSUE

  • Array
MORE
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id