Wawancara CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib

    Media Group News Summit: Candradimuka Melawan Pandemi Covid-19

    Wandi Yusuf - 24 Januari 2021 08:35 WIB
    Media Group News Summit: Candradimuka Melawan Pandemi Covid-19
    Tangkapan Layar Program Newsmaker edisi CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib
    Jakarta: Event besar dengan mempertemukan banyak pemangku kepentingan yang bersifat 360 derajat amat langka dihelat. Selain karena membutuhkan usaha yang ekstra untuk mendatangkan orang-orang yang berkepentingan, penyelenggaraannya juga semakin sulit karena dilakukan di tengah pandemi covid-19.
     
    Penyelenggaraan Media Group News Summit: Indonesia 2021 mencoba menjawab dua tantangan itu. Pertemuan grande ini menjadi suatu keharusan karena kondisi dunia saat ini tengah kesusahan. Pandemi benar-benar membuat repot semua orang, semua negara. Butuh ada wadah atau candradimuka untuk saling bertukar pikiran, saling mendebat, hingga ditemukan solusi yang tepat.
     
    Berikut adalah wawancara lengkap dengan CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib sebagai penggagas acara Media Group News Summit: Indonesia 2021. Spirit apa yang dibawa ketika memutuskan untuk menggelar acara ini. Wawancara dipandu oleh Head of News Production Medcom.id Indra Maulana. Bagi yang lebih suka melihat langsung secara audio visual, bisa juga mampir ke Youtube Medcom.id.
     
     
    Apa semangat awal digelarnya Media Group News Summit: Indonesia 2021?
     
    Sederhana, kita masuk sebuah era tak pernah berulang. Berulang tapi rentangnya cukup jauh. Era yang bisa kita ceritakan ke anak cucu. Semua ketidakpastian terjadi hari ini, dengan dinamika yang luar biasa. Kepanikan, ketidaksiapan, dan seterusnya.
     
    Benar-benar hari ini seakan-akan kita tak memiliki apa-apa kecuali hubungan kita yang harus diperbaiki. Hubungan sosial.
     
    Kedua, kita selalu membuat outlook di akhir tahun untuk memprediksi apa yang akan terjadi di tahun depan. Paling tidak kita bisa melihat apa yang harus menjadi pegangan sektor industri, kemudian sektor manufaktur, sektor riil, dan sebagainya untuk kekmudian bisa dijadikan acuan membuat perencanaan di tahun depan, untuk kemudian menjadi guidance.
     
    Tapi, tahun ini ada perubahan signifikan (pandemi covid-19). Harus ada semacam parameter. Kalau kita lihat outlook selalu sepertinya cuma dari hasil riset, dari hasil pengamatan, kemudian dijadikan pegangan untuk tahun depan. Hampir tidak ada dialog, pertemuan antara pengambil keputusan dengan sektor riilnya.
     
    Yang dibutuhkan hari ini bukan cuma sampai di situ menurut kita. Media Group News (MGN) melihat lebih dari itu. Harus ada suatu wadah untuk mempertemukan antara pelaku sektor riil, pengambil keputusan, dan pengelola infrastruktur.
     
    Nah, diharapkan dengan ini semua bisa terjadi satu optimisme ke depan. Bahwa sebenarnya di balik pandemi ini, ujian bisa diubah menjadi anugerah. Yang kedua, sebenarnya kekuatan kita masih jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang sudah kita hadapi kemarin.
     
    Ketiga, untuk meyakinkan pelaku sektor industri dan lain-lain, bahwa mereka itu sebenarnya tidak sendiri. Masih banyak teman lain yang bisa kemudian berkolaborasi yang mungkin tidak kelihatan. Termasuk 360 derajatnya pengambil keputusan di atas, pembuat kebijakan, sampai bahkan sektor-sektor yang teknis di bawahnya.
     
    Untuk itu kita memandang perlu membuat sebuah pertemuan. Kenapa kita kemudian tak membuat outlook. Satu karena kita mau lihat di Januari dan sudah melihat beberapa proses penerapan dari kebijakan kemarin.
     
    Kita lebih mau menghadirkan sebuah dialog, mempertemukan semua sektor tadi, yang kemudian bisa menghasilkan sebuah kesepakatan. Paling tidak sebuah optimisme bahwa kita bisa melangkah bersama melewati gejolak turbulensi yang ada saat ini. Makanya kemudian kita wujudkan dalam membuat sebuah event bernama Media Group News Summit.


     
    Halaman Selanjutnya
        Output apa yang…






    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id