Belajar Daring Disarankan Gabungkan Dua Model Pembelajaran

    Ilham Pratama Putra - 19 Oktober 2020 17:48 WIB
    Belajar Daring Disarankan Gabungkan Dua Model Pembelajaran
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Doktor dari Fakultas Ilmu Bahasa jurusan Bahasa Prancis Universitas Indonesia (UI), Myrna Laksman menyebut, belajar secara daring memiliki berbagai kendala. Terutama, faktor teknologi.

    "Sebelum memulai kelas secara daring, sebaiknya pengajar memperhitungkan terlebih dahulu kemungkinan yang akan terjadi terkait teknologi dan sudah harus menyiapkan solusi untuk itu semua," kata Myrna kepada Medcom.id, Senin, 19 Oktober 2020.

    Dia mengatakan, persiapan juga termasuk penyedian kuota hingga terjaminnya sinyal internet. Untuk model pembelajaran juga harus memiliki sistem sinkronus dan asinkronus.

    Sinkronus ialah komunikasi daring secara langsung dua arah atau lebih. Contohnya, menggunakan Live Google Classroom. Sementara asinkronus, yakni komunikasi daring satu arah tidak langsung, misalnya melalui aplikasi WhatsApp.

    Penggabungan sinkronus dan asinkronus ini menjadi penting agar kendala-kendala belajar daring dapat diminimalisir. Dengan demikian, peserta yang mendapatkan kendala dalam mengikuti kelas secara sinkronus maupun peserta yang berhalangan hadir tetap dapat mempelajari materi ajar yang diberikan. 

    "Bahkan itu bisa dijadikan sebagai pengingat untuk semua peserta dan juga bisa membuka ruang untuk diskusi baru," terang Myra.

    Baca: Kiat Sukses Menjalani Magang di Tengah Pandemi

    Myra mengaku telah melakukan riset untuk hal tersebut. Dia mencoba memberikan pembelajaran dengan materi bahasa prancis di MAN 2 Kota Bogor.

    Pembelajaran dimulai dari Juni 2020 dan berakhir pada Juli 2020 dengan pelaksanaan kelas sebanyak tiga kali seminggu pada hari dan jam yang telah ditentukan.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id