Lebih Baik Masker Tunggal atau Dobel? Ini Penjelasan Dokter RSA UGM

    Arga sumantri - 02 Juli 2021 11:06 WIB
    Lebih Baik Masker Tunggal atau Dobel? Ini Penjelasan Dokter RSA UGM
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Kasus covid-19 kembali meningkat di Indonesia. Ketua Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM) Titien Budhiaty menekankan, memakai masker merupakan kunci pencegahan covid-19 di masyarakat.

    "Poin yang perlu diingat adalah gunakan masker dengan tepat dan benar serta diikuti perilaku memakai masker yang benar juga untuk mencegah paparan covid-19," kata Titien mengutip siaran pers UGM, Jumat, 2 Juli 2021.

     



    Masker yang disarankan bagi masyarakat adalah masker bedah/medis. Sementara, masker kain tidak lagi direkomendasikan. Sebab, masker kain kurang memberikan perlindungan dari paparan virus korona.

    "Masker yang dianjurkan adalah masker medis/bedah tiga lapis untuk penggunaan sehari-hari saat aktivitas di luar rumah," jelas dokter spesialis patologi klinik ini. 

    Ia menuturkan saat ini Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) AS menganjurkan pemakaian masker dobel (masker bedah/medis dan kain) bagi masyarakat dunia untuk memberikan perlindungan terhadap infeksi covid-19. Hal tersebut turut tersebut diamplifikasi oleh Satgas Covid-19 di Tanah Air. 

    "Masker dobel ini sebenarnya penekanannya lebih kepada bagaimana masker benar-benar melindungi saluran pernapasan karena penularan utama covid-19 lewat saluran napas," terangnya.

    Baca: Pakar UGM Bagikan Tips Tingkatkan Imunitas di Tengah Melonjaknya Kasus Covid-19

    Penggunaan dua masker yaitu masker bedah di dalam dan masker kain di luar, kata dia, dalam penelitian terdahulu disebutkan dapat  memberikan perlindungan yang lebih besar. Sebab, jika hanya dengan masker medis biasanya masih menyisakan celah di bagian atas hidung dan pipi. 

    Saat masker longgar berisiko menjadi jalan masuk virus melalui celah ini. Sementara, masker kain lebih pas di wajah dan dapat diatur kekencangannya. Pemakaian dobel masker ini bisa memberikan perlindungan yang lebih baik. 

    "Sebenarnya 1 masker bedah cukup dengan mengikat/membuat simpul di ujung kiri kanan masker sehingga menutup celah bagian samping. Mau single atau dobel, syaratnya tetap harus pakai masker bedah utamanya," paparnya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id