'Melek Teknologi' Jadi Kunci Sukses Kuliah Daring Istanbul University

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 26 Juni 2020 21:55 WIB
    'Melek Teknologi' Jadi Kunci Sukses Kuliah Daring Istanbul University
    Rektor Istanbul S.Zaim University (IZI) Mehmet Bulut. Tangkapan layar
    Jakarta: Istanbul S.Zaim University (IZU) mengaku bisa cepat beradaptasi dengan pembelajaran daring saat pandemi virus korona (covid-19). Semua perkuliahan dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan layanan pendidikan berbasis digital.

    "Proses pendidikan menjadi online dengan sangat sukses, mahasiswa dan dosen mempunyai kompetensi untuk berdapatasi dengan perubahan pembelajaran ini," kata Rektor IZU, Mehmet Bulut, dalam Webinar Perhimpuan Pelajar Indonesia Dunia, Jumat, 26 Juni 2020.

    Mehmet mengatakan, keberhasilan pembelajara daring kampusnya selama pandemi tak lepas dari infrastukur teknologi yang dibangun. Materi-materi dosen bisa terintegrasikan dan dengan mudah diakses oleh mahasiswa. 

    IZU mengembangkan sejumlah platform yang memungkinkan mahasiswa dan dosen tetap berinteraki. Baik itu melalui fitur obrolan, ruang diskusi, sampai video call.

    "Platform diskusi, seminar, menilai pekerjaan rumah, dan real time tes, juga memberikan evaluasi dan feed back," ujarnya.

    Baca: Guru Dituntut Punya Kemampuan Membaca Talenta Siswa

    Menurut Mehmet, kompetensi mahasiswa dan dosen juga berkontribusi besar terhadap kelancaran pembelajaran jarak jauh di tengah krisis akibat pandemi. Mahasiswa dan dosen mampu cepat beradaptasi dengan teknologi.

    "Mahasiswa dan dosen mempunyai kompetensi untuk berdaptasi dengan perubahan pembelajaran ini. Dengan menggunakan beragam aplikasi untuk belajar dan juga seminar secara daring," terangnya.

    Mehmet mengatakan, pemerintah Turki juga berperan menyukseskan pembelajaran daring. Turki mengembangkan banyak inovasi teknologi digital untuk pembelajaran daring.

    "Selain itu juga meningkatkan pembelajaran, di mana banyak model-model pembelajaran digital. Dengan platform pembelajaran daring memberi kesempatan mahasiswa untuk self based learning," tuturnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id