Ketua FRI: Mindset Kunci Hadapi Era Disrupsi Teknologi

    Arga sumantri - 28 November 2020 10:17 WIB
    Ketua FRI: <i>Mindset</i> Kunci Hadapi Era Disrupsi Teknologi
    Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Arif Satria. Webinar LTMPT.
    Jakarta: Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Arif Satria menegaskan, mindset atau pola pikir menjadi faktor yang paling menentukan kesuksesan seseorang. Khususnya, dalam menghadapi era disrupsi teknologi.

    "Mindset itu adalah sebuah cara berpikir dan berperilaku yang ternyata berpengaruh paling besar," kata Arif dalam Webinar 'Kiat Sukses Masuk Perguruan Tinggi Pilihan' yang digelar Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Sabtu, 28 November 2020.

    Arif mengatakan, menjawab tantangan masa depan tergantung pada kreativitas dan imajinasi. Masa depan yang sukses juga tergantung bagaimana kecanggihan seseorang dalam proses belajar.

    Rektor IPB University itu menambahkan, era digital membawa perubahan luar biasa dan telah mendisrupsi banyak pekerjaan. Sebuah studi, kata dia, menyatakan, kalau 3.508 jenis pekerjaan hilang di Amerika Serikat akibat disrupsi teknologi. Namun, muncul 19 ribu lebih pekerjaan baru.

    "Artinya, perubahan teknologi membawa peluang besar. Diperlukan mindset baru, perilaku dan cara baru dalam melakukan segala sesuatu, tidak bisa berpikir seperti sebelumnya," ungkapnya.

    Baca: Mahasiswa Disarankan Bekali Diri dengan Kemampuan Multimedia

    Arif juga memaparkan sebuah studi terhadap anak usia 15 tahun di 72 negara di dunia yang baru-baru ini diluncurkan. Hasil studi menujukkan bahwa mindset secara umum memiliki kontribusi terbesar dalam menentukan prestasi akademik seseorang. 

    "Jadi kekuatan bukan pada siswa, sekolah, guru, atau dosen, tapi ternyata pada faktor mindset, motivasi, dan kepercayaan diri. Mindset lebih berpengaruh daripada latar belakang sosial ekonomi seseorang," jelasnya.

    Arif pun menegaskan, latar belakang ekonomi keluarga tak berpengaruh banyak dalam menentukan kesuksesan di masa depan. Sekali lagi, mindset cari faktor utama dalam kesuksesan seseorang.

    "Yang penting adalah mindset. Pribadi yang memiliki mindset kuat akan menjadi kekuatan besar untuk berprestasi," ungkapnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id