Tips Lancar Seleksi Online Saat Melamar Kerja

    Citra Larasati - 01 April 2021 10:48 WIB
    Tips Lancar Seleksi <i>Online</i> Saat Melamar Kerja
    Ilustrasi. Foto: Unsplash.com



    Jakarta:  Pandemi covid-19 membawa banyak transformasi dalam berkegiatan, salah satunya perubahan dari media luring menjadi daring atau virtual.  Tidak terkecuali dalam dunia rekrutmen tenaga kerja, sejumlah tahapan seleksi yang biasa dilakukan luring pun terpaksa berubah menjadi daring.

    Salah satu Humasn Resource (HR) Bank BCA, Laura Andiny membagikan pengalaman serta tipsnya untuk menjalani seleksi online dalam rekrutmen karyawan baru.  Tips ini disampaikan Laura dalam Webinar bertajuk "Online Recruitment Hacks" yang digelar saat Airlangga Online Career Fair (AOCF) ke-33.






    Setidaknya, terdapat empat tips dari Laura dalam menjalani seleksi online. Yaitu terkait terkait CV, online assessment, interview, dan medical check up.

    Two Minutes CV Screening

    Pada pembuatan CV terdapat beberapa informasi yang harus ada. Untuk di kantornya sendiri, kata Laura, informasi yang harus tertera pada CV antara lain adalah informasi pribadi, pendidikan, dan pengalaman yang relevan. Informasi pribadi setidaknya ada tempat dan tanggal lahir, alamat, alamat e-mail, nomor telepon, status perkawinan, dan foto terbaru.

    Pastikan bahwa foto adalah foto individu yang rapi, profesional, dan terbaru.  “Biasanya rekruter akan menghubungi pelamar melalui nomor telepon dan e-mail sehingga lebih baik untuk tidak mengganti e-mail dan nomor telepon,” ucap Laura dikutip dari siaran pers Unair.

    Selain itu, biasakan juga untuk rutin mengecek e-mail, tidak hanya di kotak masuk namun juga spam dan trash. Hal tersebut agar pelamar tidak melewatkan undangan interview yang dikirimkan melalui e-mail. Perusahaan yang menggunakan e-mail corporate, e-mail berpotensi akan masuk spam.

    Kemudian, untuk informasi pendidikan biasanya yang dibutuhkan adalah informasi pendidikan dari SMA dan kuliah. Ketika mencantumkan informasi pendidikan, penting untuk melampirkan jurusan dan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif).

    “IPK adalah pintu gerbang utama masuk ke dalam sistem perusahaan, karenanya selain aktif berorganisasi juga penting memperhatikan IPK,” lanjutnya.

    Baca juga:  Tips Agar Mulus Menempuh Jenjang Pascasarjana

    Pada informasi terkait pengalaman, pastikan untuk mencantumkan pengalaman yang benar-benar relevan dengan posisi yang dilamar. Apabila pengalaman organisasi, lomba, dan kursus kurang dikenal publik maka perlu dicantumkan deskripsi singkat.

    Online Assessment

    Setelah lolos screening sistem, maka biasanya perusahaan akan mengirimkan undangan untuk tes online. Pastikan pelamar membaca instruksi pada e-mail tersebut. Apabila terdapat link untuk latihan, maka sebaiknya pelamar melakukan latihan untuk membiasakan diri. “Banyak latihan agar terbiasa, dan jadi diri sendiri ketika menjawab,” terang Laura.

    Saat mengerjakan soal, Laura menyarankan agar peserta tidak berpikir terlalu lama karena nanti jatuhnya mereka akan menjawab gambaran diri yang diinginkan, bukan diri mereka sendiri. Serta tidak perlu menebak-nebak arah pertanyaan dan jawaban.

    Online Interview

    Banyak lakukan latihan wawancara. Latihan bisa dilakukan sendiri atau bersama dengan orang lain. Tujuannya adalah agar lebih relaks ketika berhadapan dengan interviewer.

    Saat wawancara, penting untuk memperhatikan penampilan. Gunakan baju yang sesuai dan full atasan dan bawahan untuk menghindari rasa malu ketika terjadi kesalahan saat wawancara berjalan, seperti celana pendek yang terlihat oleh interviewer. “Perhatikan body language, perhatikan intonasi, dan eye contact,” ucap Laura.

    Saat menjawab pertanyaan, jawab dengan metode STAR yaitu situation, task, action, dan result. Pelamar juga perlu menjadi diri sendiri dalam menjalani proses karena HR melihat budaya dan potensi calon pelamar apakah akan sesuai dengan perusahaan dan dapat ditingkatkan.

    Selain HR, user juga akan melakukan interview pada bidang yang lebih teknis seperti kemampuan pelamar yang dibutuhkan untuk menjadi tim mereka.

    Medical Check Up

    Tidak semua perusahaan melakukan tes medical check up. Namun, karena BCA memperhatikan jangka waktu lama kandidat dapat bekerja di perusahaan, maka medical check up menjadi hal yang penting. Tips dari Laura untuk lolos medical check up antara lain adalah terbiasa meminum air mineral, makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan olah raga rutih. Kebiasaan tersebut perlu dilakukan sedini mungkin.

    “HR sebenarnya mencari seseorang yang paling tepat untuk perusahaan, bukan paling pintar atau paling terkenal, jangan putus asa dan tampilkan sisi terbaik teman-teman,” pungkasnya. 

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id