Wawancara Online Beasiswa, Jangan Lupa Perhatikan 'Dress Code'

    Ilham Pratama Putra - 17 Juli 2021 08:10 WIB
    Wawancara <i>Online</i> Beasiswa, Jangan Lupa Perhatikan Dress Code
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta:  Lembaga Beasiswa Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) membuka program beasiswa penuh atau full funded untuk kuliah di Albukhary International University (AIU) Malaysia. Dalam seleksi beasiswa tersebut, peserta akan melalui sejumlah tahapan seleksi, mulai dari persyaratan administrasi hingga tes wawancara.

    Menurut Staf Senior Lembaga Beasiswa Baznas sekaligus PIC Beasiswa Albukhary International University, Uju Suli Hendra proses wawancara merupkan tahapan yang sangat menentukan dalam seleksi ini. Di masa pandemi seperti sekarang ini, wawancara pun dilakukan dengan model berbeda.

     



    Wawancara, kata Uji, biasa dilakukan secara daring. Namun ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar peluang lolos semakin besar di tahapan wawancara.

    Meski dilakukan di rumah, peserta diminta untuk tetap memperhatikan penampilan saat wawancara. Peserta baiknya menggunakan pakaian yang pantas meskipun tidak ditentukan untuk memakai dress code tertentu.

    "Bebas pantas. Jadi teman-teman boleh kemeja, jangan pakai kaos itu terlihat santai banget ya. Perempuan boleh pakai hijab dan atau di-touch up. Laki-laki rambut dirapikan, baju dirapikan," kata Uju dalam OSC Talks instagram @osc_medcom, Jumat,16 Juli 2021.

    Baca juga:  Beasiswa Cendekia Baznas Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

    Yang penting, kata dia, para peserta harus terlihat segar ketika berhadapan layar dengan pewawancara. Tampilan pantas, sopan, rapi dan segar ini bisa menjadi salah satu kunci lolos wawancara.

    Namun, tak sibuk di penampilan. Peserta tentu sudah siap dengan berbagai pertanyaan yang dilontarkan nantinya.

    Uju pun, memberi sedikit bocoran materi wawancara. "Salah satunya cerita tentang identitas. Itu nanti untuk klarifikasi isi esai ya," terangnya.

    Kemudian, karena wawancara bersifat daring, maka peserta juga harus memastikan tiga hal penting yang menjadi nyawa dari wawancara online.  Yakni kondisi sinyal, gawai, dan ketersediaan pulsa.

    "Ketika wawancara online itu sinyal. ini nyawa ya. Kemudian perangkat, kalau tidak mempuni, tidak support itu juga ganggu proses wawancara, terus juga kuota," tutupnya.

    Pendaftaran beasiswa dari Baznas ke AIU ini dibuka dari 7 Juli hingga 21 Juli 2021. Baznas bersama AIU membuka kuota hingga 60 orang bagi calon mahasiswa S1 asal Indonesia.

    Pengumuman penerima beasiswa diberikan pada 31 Juli. Informasi terkait beasiswa Baznas ke AIU dapat dilihat pada laman aiu.edu.my. 

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id