comscore

Kenali Cara Mencegah Sesak Napas pada Pasien Covid-19

Arga sumantri - 27 Agustus 2021 16:28 WIB
Kenali Cara Mencegah Sesak Napas pada Pasien Covid-19
Dokter spesialis paru Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Alfian Nur Rosyid. Dok Humas UNAIR.
Surabaya: Sesak napas menjadi salah satu gejala pada pasien covid-19. Dokter spesialis paru Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Alfian Nur Rosyid menyebutkan bahwa sesak napas dapat menyerang pasien covid-19, bahkan ketika ia belum pernah mengalami sesak sebelumnya. 

"Sering pada pasien covid, terjadi pneumonia (peradangan paru-paru) yang menyebabkan terjadinya sesak," tutur Alfian mengutip siaran pers UNAIR, Jumat, 27 Agustus 2021.
Menurutnya, covid-19 dapat memperburuk kondisi pasien yang sebelumnya pernah mengalami sesak napas. Hal itu terutama dapat terjadi pada pasien yang telah memiliki keluhan sesak kronis.

Alfian menjelaskan, sesak kronis yakni kondisi sesak napas yang terjadi dalam rentan waktu lama. Pada pasien yang memiliki sesak kronis, apabila terinfeksi virus SARS-CoV-2 maka pasien tersebut akan mengalami sesak akut yang dapat memperberat kondisi sesaknya. 

Selain itu, Alfian juga memaparkan bahwa pasien dengan sesak kronis dan penyakit penyerta atau komorbid yang tidak terkontrol dapat memperburuk kondisi sesaknya. "Pada pasien dengan sakit kronis yang tidak terkontrol, misalnya sakit jantung, asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), Tuberkulosis (TB), dan lainnya, maka bisa jadi kondisinya lebih berat dibandingkan pasien tanpa komorbid," jelasnya.

Baca: Cerita 4 'Srikandi' UNAIR Jadi Relawan di Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Alfian menyebut proses sesak napas yang terjadi pada pasien covid-19 karena ada gangguan pertukaran oksigen. Virus covid-19 yang masuk ke dalam paru-paru pasien, akan menyebabkan proses peradangan dan kemudian menyebabkan sel-sel laten menutupi area pertukaran oksigen.

"Penutupan area pertukaran oksigen selanjutnya akan menghambat proses penukaran oksigen dengan karbondioksida. Akibatnya, kadar oksigen di darah akan turun dan menyebabkan 'instruksi' kepada pusat pernapasan untuk bernapas lebih cepat. Jadi sesaknya pada pasien covid-19 itu karena ada gangguan pertukaran oksigen," terangnya.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id