comscore

Galau Memilih Prodi di SNMPTN dan SBMPTN? Yuk Kenalan Dulu Sama Jurusan Arkeologi

Citra Larasati - 15 Desember 2021 19:32 WIB
Galau Memilih Prodi di SNMPTN dan SBMPTN? Yuk Kenalan Dulu Sama Jurusan Arkeologi
Sebanyak 13 peti mati yang diyakini berisi mumi berusia 2.500 tahun ditemukan di Saqqara, Mesir. Foto: AFP
Jakarta:  Sebuah koleksi besar peti mati dalam kondisi utuh dan terjaga dengan baik ditemukan di sebuah nekropolis besar di dekat Kairo tahun lalu.  Puluhan peti mati itu diestimasi berusia 2.600 tahun.
 
Menteri Pariwisata dan Benda Antik Mesir Khaled al-Anani mengatakan, tim arkeolog menemukan tiga lorong utama yang berisi total 59 peti mati di nekropolis Saqqara dekat piramida Raja Djoser.

Tahukah kamu jika penemuan-penemuan dari zaman kuno atau purbakala ini tak lepas dari keahlian para arkeolog, lho. Ilmu arkeologi memang mengkaji kehidupan manusia serta kebudayaan di masa lampau.
Teknik penelitian yang dilakukan adalah melalui survei dan penggalian atau ekskavasi. Maka dari itu, para arkeologi ahli inilah yang berperan menemukan peninggalan-peninggalan bersejarah dari masa lampau.

Nah untuk menekuni profesi arkeolog, ada baiknya kamu simak dulu informasi lengkap terkait jurusan Arkeologi yang ada di Indonesia yang dikutip dari laman Ruangguru berikut ini.

Mengenal Jurusan Arkeologi

Kamu masih suka gagal move on? Nah, kayaknya jurusan yang satu ini pas buat kamu. Sebab, di jurusan ini kamu akan banyak mengkaji kehidupan dan kebudayaan kuno di masa lalu lewat benda peninggalannya.

Selama berkuliah, kamu akan mempelajari budaya manusia dari berbagai zaman dengan menggabungkan ilmu sejarah dan ilmu geologi.  Jadi, mahasiswa jurusan Arkeologi akan banyak belajar tentang sejarah-sejarah kebudayaan dari berbagai jenis benda peninggalan masa lalu, seperti peralatan rumah tangga, patung, prasasti, serta lukisan dan pahatan yang tertinggal di berbagai tempat.

Kamu akan banyak menganalisis tentang peristiwa di masa lalu, seperti mempelajari artefak, mengkaji peninggalan purbakala, hingga mengira-ngira berapa usia artefak yang ada. Nah untuk mempelajari semua ini, pastinya kamu akan banyak traveling untuk mencari tahu budaya dari masa lampau. 

Mata Kuliah Jurusan Arkeologi

Tak hanya mempelajari sejarah budaya dari berbagai benda peninggalan masa lalu, di jurusan ini kamu juga akan belajar menganalisis artefak. Kamu akan diajarkan bagaimana cara meneliti fakta sejarah di balik artefak, menaksir umur artefak, melakukan ekskavasi artefak purbakala, hingga mempelajari pengorganisasian museum.

Kamu juga akan belajar gerak perpindahan dari manusia purba untuk memperkirakan perubahan evolusinya.  Hingga kamu lulus kuliah nanti, kamu akan bertemu banyak mata kuliah seru seperti Pengantar Arkeologi, Arkeologi Prasejarah, Akeologi Arsitektur, Ikonografi, Peradaban Kuno, Paleoantropologi, Epigrafi Indonesia, Keramologi, Kuratorial Museum, Rancang Pameran, Metode Ekskavasi, dan masih banyak lagi.

Prospek Kerja

1. Arkeolog
Banyak nih yang masih menganggap lulusan Arkeologi sulit mendapatkan pekerjaan. Salah banget! Ada banyak peluang kerja yang bisa kamu coba setelah lulus.

Pertama, kamu bisa menjadi arkeolog atau ahli di bidang arkeologi. Kamu bisa meneliti barang peninggalan sejarah, seperti artefak, fosil, bangunan, hingga teks dan dokumen kuno.

2. Reporter atau Jurnalis

Kamu juga bisa bekerja sebagai reporter atau jurnalis yang menulis tentang barang peninggalan sejarah di media terkenal, seperti National Geographic. Dengan menjadi jurnalis, kamu pun berkesempatan untuk keliling dunia untuk menemukan dan mempelajari fosil-fosil, lho.

3. Pengelola Museum

Selain itu, kamu juga bisa bekerja sebagai manajer atau pengelola museum yang bertugas merawat benda-benda bersejarah serta mengelola museum agar bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung.

4. Pemandu Wisata Sejarah
Bagi kamu yang suka traveling, kamu juga bisa bekerja di industri pariwisata sebagai pemandu wisata khusus tempat bersejarah.  Seperti candi, museum, dan bangunan peninggalan sejarah lainnya. Kamu pun berkesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat bersejarah di seluruh dunia, lho.

Universitas Terbaik dengan Jurusan Arkeologi

Arkeolog merupakan salah satu tenaga ahli yang dibutuhkan untuk mengkaji berbagai benda-benda peninggalan masa lampau. Nah, untuk menjadi seorang lulusan dari jurusan Arkeologi yang andal, hanya ada enam perguruan tinggi negeri di Indonesia yang menawarkan program studi ini. Apa saja?
  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  2. Universitas Indonesia (UI)
  3. Universitas Hasanuddin (Unhas)
  4. Universitas Jambi (Unja)
  5. Universitas Halu Oleo (UHO)
  6. Universitas Udayana

Alasan Memilih Jurusan Arkeologi

Suka sejarah dan budaya? Jurusan ini pas banget untuk mengembangkan ketertarikan kamu, lho. Enggak cuman itu, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah di jurusan ini.

Ilmu arkeologi akan memberikan gambaran tentang kehidupan di masa lalu, serta bermanfaat untuk memberi pengetahuan mengenai peradaban manusia. Untuk mempelajari semuanya, kamu pun akan sering melakukan perjalanan ke berbagai daerah dengan sejarah dan peninggalan yang mengagumkan.

Banyaknya pengalaman dan ilmu yang didapatkan selama kuliah akan membuat kamu lebih menguasai aksara dan bahasa lokal. Kamu pun bisa menerjemahkan tulisan pada prasasti yang sulit dipahami orang awam. So, skill kamu ini akan menjadi sesuatu yang dicari karena tidak dimiliki oleh banyak orang.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id