comscore

7 Tips Menulis Kreatif yang Bisa Memikat Pembaca

Citra Larasati - 17 Januari 2022 08:09 WIB
7 Tips Menulis Kreatif yang Bisa Memikat Pembaca
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Menulis kreatif, identik dengan tulisan yang berbeda, unik, dan bertujuan menarik pembaca.  Namun untuk menulis kreatif diperlukan sejumlah cara agar hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan.

Sejumlah karya tulis seperti puisi, novel, naskah, atau pun tulisan-tulisan dalam lirik lagu tergolong dalam jenis tulisan kreatif. Menulis kreatif itu sendiri bermakna proses menulis karya yang berbeda dengan karya tulis lainnya.
Menulis kreatif erat kaitanya dengan menuangkan gabungan dari ide, gagasan, dan imajinasi penulis. Hal tersebut tentu bertujuan untuk menarik minat para pembaca.

Sebelum kamu mulai menulis kreatif, yuk ketahui terlebih dahulu tips-tipsnya. Cari tahu apa yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam proses menulis kreatif seperti yang akan dibagi dalam artikel yang dikutip dari laman Cakap.com berikut ini.

Tujuh tips untuk menulis kreatif

1. Perhatikan Pilihan Kata

Pilihan kata atau diksi dalam proses menulis kreatif adalah nyawa yang mampu menghidupkan sebuah karya tulis. Kamu harus pandai-pandai memilih diksi yang tepat dan sesuai dengan tema tulisan yang sedang kamu buat.

Pada tingkatan yang lebih rinci, yaitu tataran kelas kata, biasanya untuk proses menulis kreatif sendiri akan menghindari pemilihan kata keterangan dan kata sifat karena kata sifat yang singkat bisa mempersempit imajinasi pembaca.

Sebaiknya perbanyak penggunaan kata benda yang mampu memunculkan teka-teki dan membiarkan pembaca menjawab dan memecahkannya sendiri.

2. Bubuhi Tulisan dengan Metafora dan Perumpamaan

Dalam proses menulis kreatif, majas dan perintilannya sangat dibutuhkan untuk membuat tulisanmu lebih menarik. Penggunaan perumpamaan atau metafora akan membuat pembaca mencari tahu arti sebenarnya dari tulisan tersebut.

Namun, ada hal yang perlu kamu catat bahwa penggunaan majas dalam proses menulis kreatif juga jangan terlalu berlebihan karena penggunaan majas yang berlebih akan berpotensi membuat lelah pembaca.

3. Melakukan Riset Sebelum Menulis

Tips menulis kreatif selanjutnya adalah melakukan riset sebelum menulis. Meskipun Sebagian besar tulisan kreatif lahir dari ide, gagasan pokok, dan imajinasi penulis, tapi tetap saja bahwa riset itu perlu. Riset sederhana mengenai hal-hal yang diperlukan dalam tulisanmu akan mendukung dan menunjang bahan tulisan yang akan dibuat.

4. Bermain dengan Eksprsi dan Emosi

Ekspresi dan emosi merupakan penggerak dan penghidup cerita dalam proses menulis kreatif. Tips menulis kreatif yang satu ini akan menuntutmu untuk dapat berekspresi dan mampu memainkan segala jenis emosi dan menuangkannya dalam bentuk kata-kata yang lebih menarik. Baik itu perasaaan marah, sedih, atau pun senang.

5. Buat Tema Tulisan yang Spesifik

Buatlah cerita yang spesifik dan jelas arah tujuannya sudah terfokuskan pada titik tertentu. Semakin spesifik sebuah tulisan, maka akan membuat pembaca lebih mudah memahami tulisanmu. Sehingga, ada banyak pembaca yang sesuai dengan tujuan pasarmu.

6. Gali Ide Lebih Banyak dan Lebih Dalam

Ide bisa muncul dari banyak hal, baik dalam pengalaman masa lalumu, cerita-cerita orang, atau bahkan hasil dari pengamatan dan imajinasi. Jika kamu akan memulai proses menulis kreatif pastikan kamu sudah menemukan ide pasti dan terus menggali ide yang akan kamu tulis.

Baca juga:  Rekomendasi 10 Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK

Jika di awal atau di tengah perjalanan menulis kreatif kamu kehabisan inspirasi, cobalah untuk membaca beberapa referensi. Kamu juga bisa meluangkan waktu untuk bergabung dengan komunitas atau jalan-jalan sejenak untuk mengambil jeda.

7. Judul adalah Kunci

Tips menulis kreatif yang terakhir adalah judul. Judul merupakan pemantik pertama yang akan dilirik pembaca. Jika judulmu bagus dan unik, maka kemungkinan besar pembaca akan semakin penasaran dengan isi dalam tulisan tersebut.

Itulah mengapa judul tulisan merupakan kunci pertama untuk menarik perhatian pembaca.  Pada dasarnya setiap orang memiliki kemampuan menulis dan menuangkan cerita, jadi kamu bisa memulainya kapan saja. Itulah 7 tips menulis kreatif yang bisa kamu praktikkan.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id