Kenali Berbagai Kegiatan Creative Expression untuk Atasi Stres

    Citra Larasati - 21 Juni 2021 08:00 WIB
    Kenali Berbagai Kegiatan <i>Creative Expression</i> untuk Atasi Stres
    Ilustrasi. Foto: MI



    Jakarta:  Dalam kehidupan sehari-hari, adakalanya seseorang mengalami stres akibat dihadapkan pada situasi-situasi yang sulit. Pada kondisi seperti inilah dibutuhkan strategi koping yang tepat agar dapat mengatasi stres yang dihadapi.

    Salah satu strategi koping untuk menghadapi stres adalah dengan melakukan creative expressionCreative expression adalah koping stres yang mengekspresikan emosi melalui media-media yang menciptakan atau menghasilkan energi positif.

     



    "Kegiatan ini bisa dilakukan dengan media apapun dan dengan cara apapun,” tutur Psikolog UNAIR, Galuh Kikiany, dalam webinar bertajuk Creative Expression as a Great Coping Tool: Bye-bye Stress! yang dikutip dari laman UNAIR, Senin, 21 Juni 2021.

    Koping sendiri adalah ?cara yang digunakan individu dalam menyelesaikan masalah, mengatasi perubahan yang terjadi, dan situasi yang mengancam, baik secara kognitif maupun perilaku.

    Menurut Kiki, creative expression lebih kepada bagaimana seseorang mengekspresikan emosi dengan media-media yang dimiliki.  "Walaupun hanya sekadar kertas, pensil warna, krayon, dan cat air,” ungkap psikolog kilinis di iBunda.id ini.

    Baca juga:  Tips Membuat Esai Beasiswa: Hindari Kata Pembuka 'My name is'

    Media-media tersebut, jelasnya, sudah cukup untuk membantu seseorang untuk mengekspresikan emosi yang sedang dirasakan. “Dengan mengekspresikan emosi, mampu untuk mengurangi emosi negatif dan memunculkan emosi positif,” lanjutnya.

    Kiki menjelaskan bahwa ada banyak kegiatan yang termasuk dalam creative expression, seperti menari, mendengarkan musik, mendongeng, bercerita, melukis, mewarnai, journaling, staycation, dan berbagai kegiatan menyenangkan lainnya.

    Staycation itu bisa dikatakan sebagai salah satu creative expression karena kita mencoba untuk mengeksplorasi kota atau tempat yang akhirnya membuat kita mengekspresikan emosi negatif kita. Kita tidak menahan lagi emosi negatif yang kita rasakan sehingga ketika kita staycation kita cenderung merasa bahagia,” tambah Kiki.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id