Perhatikan, Langkah Tepat Membangun Bisnis bagi Mahasiswa

    Arga sumantri - 30 Maret 2021 11:00 WIB
    Perhatikan, Langkah Tepat Membangun Bisnis bagi Mahasiswa
    Webinar bertajuk 'Bussiness Insight Talks 1' ITS. Foto: Dok Humas ITS.



    Surabaya: Tingginya minat mahasiswa untuk memulai bisnis sejak dini seringkali tidak dibarengi dengan rencana dan pengetahuan yang matang. Merespons itu, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatekk) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengadakan webinar bertajuk 'Bussiness Insight Talks 1' membahas langkah membangun bisnis yang tepat bagi mahasiswa.

    Pemateri dalam acara ini, Prita Taradevi Maudy Putri, mengungkapkan, hal yang terpenting dalam membangun bisnis yaitu kemampuan membaca peluang pasar. Caranya, dengan memikirkan produk atau layanan jasa yang diminati oleh banyak orang, tetapi kompetitornya masih sedikit. 






    "Jika kompetitor banyak, sulit juga menarik konsumen tertarik pada produk dan jasa kita," jelas Prita mengutip siaran pers ITS, Selasa, 30 Maret 2021.

    Baca: Simak, Empat Langkah Penting Menyiapkan Magang

    Ia menyampaikan, ada tiga hal yang harus dipersiapkan dalam memulai bisnis bagi mahasiswa. Ketiganya yakni menciptakan ide bisnis yang ingin dijalankan, membuat rencana terstruktur dalam membangun bisnis, dan menentukan tujuan yang ingin dicapai setelah membangun bisnis. 

    "Ketiga hal itu harus diperhatikan dengan baik agar bisnis berjalan sesuai harapan," ungkap alumnus Departemen Teknik Kimia ITS ini.

    Business Development Analyst Shopee ini menambahkan, mahasiswa yang ingin berkecimpung dalam dunia bisnis harus memilih jenis bisnis yang fleksibel dan dapat dilakukan kapan saja. "Karena kegiatan mahasiswa itu sudah banyak, harus pintar dalam mengatur waktu," katanya.

    Selain itu, rasa percaya diri dalam menjalankan bisnis juga merupakan sesuatu yang penting. Hal ini agar konsumen lebih percaya dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Ia juga menyarankan untuk memulai bisnis sesuai dengan minat agar lebih nyaman dalam menjalaninnya. 

    "Memiliki pemikiran kreatif dan terbuka dengan masukan juga sangat penting agar bisnis kita dapat berjalan dengan lancar," ujarnya.

    Baca: Kiat Hadapi Kehidupan Setelah Lulus dari Kampus

    Memperbanyak relasi turut berperan penting untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Semakin luas relasi yang dimiliki, maka informasi mengenai bisnis yang dimiliki juga akan semakin mudah diketahui banyak orang. 

    "Dan pastinya akan lebih banyak kemungkinan orang untuk tertarik dengan produk atau jasa yang kita tawarkan," terangnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id