comscore

10 Skill Paling Dibutuhkan di Masa Revolusi Industri 4.0

Medcom - 29 Maret 2022 14:47 WIB
10 <i>Skill</i> Paling Dibutuhkan di Masa Revolusi Industri 4.0
Ilustrasi anak muda. Medcom.id
Jakarta: Revolusi industri merupakan perubahan besar-besaran terhadap cara manusia memproduksi sebuah barang. Perubahan besar itu tercatat sudah terjadi tiga kali.

Memasuki tahun ke-22 di abad ke-21, manusia tengah menghadapi perubahan besar yang keempat atau akrab dikenal sebagai revolusi industri 4.0. Pada masa ini, teknologi manufaktur mulai terintegrasi dengan big data, internet of things (IoT), artificial intelligence (AI), atau robotik.
Selain memengaruhi dunia industri, revolusi industri 4.0 juga diiringi dengan perubahan dalam bidang lain, seperti ekonomi, politik, militer, dan budaya. Akibatnya, dapat dipastikan ada jutaan pekerjaan lama menghilang.

Pekerjaan yang semula mengandalkan kemampuan fisik manusia, lambat laun akan tergantikan dengan mesin-mesin otomatisasi. Oleh karena itu, untuk bertahan di era reolusi industri 4.0, mengasah hard skill saja belum cukup.

Dikutip dari Akupintar, berikut 10 skill yang paling dibutuhkan dalam masa revolusi industri 4.0:

1. Mampu menyelesaikan persoalan yang rumit

Layaknya kuda yang tergantikan mobil, kemampuan manusia juga akan tersaingi oleh big data dan AI. Meski begitu, tak semua permasalahan bisa diselesaikan oleh ‘otak’ komputer.

Untuk itu, pada masa revolusi industri 4.0, kemampuan menyelesaikan persoalan yang rumit sangat dibutuhkan. Sobat Medcom bisa melatih kompetensi ini dengan mengasah kemampuan analisis dan berpikir kritis.

2. Mampu berpikir kritis

Selain digunakan untuk menyelesaikan masalah, kemampuan berpikir kritis juga diperlukan untuk melahirkan ide-ide inovatif.

Kemampuan ini dapat dilatih dengan meluangkan waktu untuk melakukan observasi, memeriksa, dan menganalisa dengan pikiran jernih hingga mencapai suatu kesimpulan, pemahaman, atau penilaian yang logis.

3. Memiliki daya kreativitas tinggi

Skill lain yang tak bisa dilakukan oleh ‘otak’ mesin adalah kreativitas. Secepat-cepatnya mesin menghasilkan data, masih dibutuhkan kreativitas manusia agar data tersebut dapat disuguhkan menjadi informasi bermanfaat.

Untuk itu, asahlah kemampuan kreativitas dengan membiasakan diri berpikir out of the box alias berbeda dari yang lain.

4. Memiliki jiwa kepemimpinan

Mimpi yang besar tak bisa diwujudkan seorang diri, melainkan perlu bantuan orang lain. Untuk itu, jiwa kepemimpinan dengan kemampuan manajemen yang baik sangat dibutuhkan di era revolusi indusrti 4.0.

5. Dapat bekerja sama dengan orang lain

Kesuksesan kerja tim memerlukan koordinasi yang baik antara tiap anggota. Skill ini bukan tentang bagaimana memimpin tim, tapi tentang orang-orang di dalam tim itu sendiri. Inilah pentingnya memiliki kemampuan terkait people management.

6. Memiliki kecerdasan emosi

Dari seluruh tipe kecerdasan majemuk, kecerdasan intrapersonal dan interpersonal secara spesifik dibutuhkan dalam era revolusi industri 4.0. Pasalnya, kedua hal itu terkait dengan pengelolaan emosi.

Ketika seseorang mampu mengelola emosi diri, maka orang tersebut mampu mengendalikan emosi orang lain. Mengingat, emosi terkadang berperan cukup penting dalam kesuksesan kerja tim.

7. Mampu membuat keputusan yang benar dan tepat

Robot atau mesin tidak memiliki kemampuan untuk membuat penilaian dan keputusan. Meski teknologi kian canggih, tak dapat dipungkiri kompetensi ini hanya dimiliki manusia. Sebab, skill ini membutuhkan pemikiran kritis, kesabaran, observasi, dan kemauan untuk bertindak.

8. Mau membantu orang lain

Dalam menyelesaikan segala sesuatu di era industri 4.0 ini tak bisa dilakukan sendiri. Untuk itu, dibutuhkan sikap tolong menolong dan keinginan untuk membantu orang lain.

9. Andal bernegoisasi dan memengaruhi orang lain

Skill ini berperan penting dalam tercapainya kesepakatan bersama tanpa kegaduhan atau pertengkaran. Untuk menguasai kemampuan bernegosiasi yang baik, dibutuhkan keluwesan dalam menyampaikan gagasan dan pemikiran kepada orang lain.

10. Mampu bersikap fleksibel dan adaptif

Setiap orang memiliki pemikiran, ide, tindakan, opini, dan emosi yang berbeda dengan orang lain. Untuk itu, dibutuhkan sikap fleksibel dan adaptif guna menghindari perikaian.

Itulah 10 skill yang paling dibutuhkan pada masa revolusi industri 4.0. Sudahkan Sobat Medcom menguasai salah satunya? (Nurisma Rahmatika)

Baca: Era Industri 4.0, Kompetensi SDM Indonesia Harus Berkualitas
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id