Pakar UGM Bagikan Tips Tingkatkan Imunitas di Tengah Melonjaknya Kasus Covid-19

    Arga sumantri - 27 Juni 2021 09:01 WIB
    Pakar UGM Bagikan Tips Tingkatkan Imunitas di Tengah Melonjaknya Kasus Covid-19
    Ilustrasi. Medcom.id



    Yogayakarta: Virus korona (covid-19) di Indonesia semakin menyebar tak terkendali. Setiap orang diharapkan meningkatkan imunitas tubuh agar mencegah terpapar dari virus tersebut. Beberapa ahli gizi pun memberikan tips agar mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

    Ahli Gizi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Toto Sudargo menyarankan setiap individu melakukan olahraga teratur dengan intensitas sedang. Misalnya, olahraga 3-5 kali per minggu dengan durasi 30-45 menit. Olahraga tersebut bisa dilakukan di tempat terbuka dengan paparan sinar matahari pagi.

     



    "Neural exercise, misalnya pernafasan, vokalisasi dan postur untuk menjaga kesehatan dan physical exercise untuk menjaga kebugaran," kata Toto mengutip siaran pers UGM, Minggu, 27 Juni 2021.

    Selain itu, kata dia, istirahat yang cukup dan selalu berpikir yang positif pada hal-hal yang ada di sekitar kita. Kemudian, usahakan selalu hidup damai dan bahagia.

    Toto mengatakan cara meningkatkan imun saat di awal pandemi dan saat ini pada prinsipnya sama. Hanya saja untuk saat ini sudah didukung dengan adanya vaksinasi covid-19 untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

    Baca: Kenali Berbagai Kegiatan Creative Expression untuk Atasi Stres

    Meski telah divaksin, katanya, masyarakat tetap saja diharapkan menjalankan perilaku disiplin protokol kesehatan, seperti memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

    Hal yang tak kalah penting di tengah maraknya penularan covid-19 yang semakin merajalela adalah menghadirkan standar gizi sederhana untuk meningkatkan imunitas. Yaitu, dengan perbanyak mengonsumsi buah dan sayur.

    Makanan-makanan yang mengandung zat gizi spesifik yang berperan langsung dalam menunjang berbagai aktivitas sistem imun. Makanan-makanan tersebut di antaranya makanan yang mengandung vitamin C, seperti semua buah segar, sayur segar yang kandungan vitamin C cukup tinggi.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id