comscore

Pejuang Skripsi Wajib Tahu, Ini Website yang 'Haram' Dikutip untuk Skripsi

Muhammad Syahrul Ramadhan - 18 November 2021 17:19 WIB
Pejuang Skripsi Wajib Tahu, Ini Website yang Haram Dikutip untuk Skripsi
Website yang 'haram' dikutip untuk skripsi (Ilustrasi Medcom)
Jakarta: Mahasiswa strata-1 atau S1 yang sedang atau mau mengerjakan skripsi wajib tahu website yang tidak boleh dijadikan referensi dan dikutip. Berikut website yang haram dikutip dalam skripsi.

Skripsi merupakan tugas akhir yang wajib dituntaskan oleh mahasiswa tingkat akhir. Dikutip dari KBBI skripsi merupakan karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya.
Dalam penyusunannya mahasiswa harus mencari sumber referensi sesuai dengan judul skripsi. Sumber referensi ini bisa dari buku, jurnal, dan juga website yang kemudian dikutip dalam skripsi.

Namun, pejuang skripsi tidak bisa sembarangan menjadikan website sebagai sumber referensi dan dikutip. Berikut ini website yang haram dijadikan referensi dan dikutip untuk skripsi yang dirangkum Medcom.id dari berbagai sumber.

Ilustrasi mencari bahan skripsi di internet Foto Pexels
(Ilustrasi mencari bahan skripsi di internet Foto: Pexels)

Website yang 'haram' dikutip untuk skripsi

1. Blogger/Wordpress

Blogger maupun wordpress tidak boleh dijadikan referensi dan dikutip. Memang, biasanya dari kedua laman itu tersedia materi yang cocok untuk skripsi kamu.

Namun, jangan sekali-sekali menjadikan tulisan di kedua situs tersebut sebagai bahan skripsi. Cara yang bisa dilakukan adalah melihat sumber-sumber yang dicantumkan kemudian telusuri lebih lanjut.

2. Wikipedia

Melimpahnya informasi yang diberikan oleh Wikipedia tak jarang membuat khilaf untuk menjadikan sumber materi. Tapi, Wikipedia juga merupakan website yang haram dijadikan rujukan dan dikutip.

Kenapa tidak boleh mengambil sumber dari Wikipedia? Karena hampir semua dosen mengharamkan mahasiswanya mengambil dari situs sejuta umat ini. Belum lagi, secara akademik masih belum bisa dipertanggungjawabkan dan sifatnya open source. Artinya, materi di dalamnya bisa diubah oleh siapa saja.

Cara terbaik adalah melihat sumber referensi yang dicantumkan di bagian bawah. Gunakan sumber referensi untuk menelusuri lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan pengutipan skripsi.

Jika ingin tetap mencari sumber pengutipan dari internet, Kamu bisa mencari e-book atau jurnal baik nasional maupun internasional. Banyak situs yang menyediakan dua bahan tersebut secara gratis.

Referensi mencari ebook dan jurnal

Google Scholar

Pertama ada Google Scholar, situs dari Google ini memudahkan kamu para pejuang skripsi mencari bahan dari jurnal secara online. Jurnal-jurnal tersebut bisa diakses secara gratis.

Library Genesis

Bagi yang ingin mencari ebook bisa mengakses situs ini. Selain buku, tersedia juga jurnal dalam format PDF, mobi, hingga ePub.

Tips mencari sumber adalah memastikan memasukan kata kunci yang sesuai. Pasalnya, situs ini menampilkan artikel sesuai kata kunci.

(RUL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id