comscore

Simak 3 Tips Memilih Program Double Degree

Medcom - 30 Juni 2022 15:06 WIB
Simak 3 Tips Memilih Program <i>Double Degree</i>
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Pada umumnya setiap lulusan perguruan tinggi akan membawa pulang satu gelar yang sesuai dengan bidang yang digelutinya saat wisuda.  Namun, ada program double degree yang ternyata memungkinkan Sobat Medcom untuk membawa pulang dua gelar sekaligus saat lulus meski dengan satu kali kuliah layaknya program kuliah reguler.

Apa Itu Double Degree?

Double degree adalah program yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Sesuai namanya, mahasiswa yang mengambil program ini bakal menyandang dua gelar akademis.

Pada program S1 double degree, mahasiswa umumnya menghabiskan dua tahun pertama untuk berkuliah di kampus dalam negeri.  Kemudian, dua tahun sisanya dilanjutkan dengan belajar di kampus luar negeri.
Tentu ada banyak manfaat yang diperoleh jika mengikuti program double degree, salah satunya lebih mudah mendapat pekerjaan. Mahasiswa biasanya dianggap memiliki lebih banyak ilmu dan pengalaman lantaran menyandang dua gelar akademis.

Selain itu, program double degree memungkinkan mahasiswa untuk memperluas kenalan dan jejaring. Hal ini nantinya juga sangat berguna bagi karier di masa depan. 

Namun, ketika memilih program ini, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Melansir laman Ruangguru, berikut adalah tiga tips memilih program double degree:

1. Tentukan Jurusan yang Dipilih

Saat menentukan jurusan yang akan dituju, pilihlah yang sesuai dengan minat dan ketertarikan. Sebab, program double degree memberikan banyak manfaat dan pengalaman, sehingga akan sia-sia bila memilih jurusan yang kurang disukai.

2. Cari Tahu Perguruan Tinggi yang Memiliki Program Double Degree

Cari tahu perguruan tinggi mana yang menyediakan program double degree untuk jurusan impian, termasuk apa saja yang ditawarkan dalam program itu. Seperti, waktu kuliah di masing-masing perguruan tinggi, biaya yang dibutuhkan, dan kurikulum yang dipelajari.

3. Cari Pengalaman Sebanyak-banyaknya di Luar Negeri

Dengan double degree, mahasiswa bakal memperoleh banyak pengalaman ketika belajar di luar negeri, mulai dari bidang akademis hingga pengembangan diri di bidang lainnya. Pengalaman ini sudah pasti akan sangat berguna saat memasuki dunia kerja.

Lantas, bagaimana cara memperoleh pengalaman tersebut? Jawabannya, dengan berpartisipasi dalam perkumpulan mahasiswa dan kegiatan komunitas.

Itulah tiga tips yang bisa diterapkan saat memilih program double degree beserta manfaatnya. Apakah Sobat Medcom jadi tertarik mengikuti program ini? (Nurisma Rahmatika)


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id