comscore

ITB Ungkap Rahasia Dapur Publikasi Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional

Citra Larasati - 20 Agustus 2021 09:39 WIB
ITB Ungkap Rahasia Dapur Publikasi Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional
Perpustakaan ITB. Foto: Dok. ITB
Jakarta: Institut Teknologi Bandung (ITB) H-Index (Scopus): 10 Reviewer Elsevier, Aqsha Aqsha membagikan strategi pemilihan jurnal dan proses pengajuan manuskrip dalam penulisan artikel ilmiah dan publikasi jurnal.  Hal ini diharapkan dapat bermanfaat, terutama bagi penulis artikel ilmiah pemula.

Menurut Aqsha, pada dasarnya strategi pemilihan jurnal dimulai dengan membuat daftar jurnal yang tersedia.  “Pilih saja tujuh jurnal, entah Scopus atau jurnal lainnya, kemudian tentukan dampak jurnal. Ini penting untuk dilakukan, biar bisa mendapatkan umpan balik atas penelitian kita sekaligus memperluas target pembaca,” ujar Aqsha ?dalam “Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Jurnal Internasional Bagi Pemula” yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB, dikutip dari laman ITB, Jumat, 20 Agustus 2021.
Dalam workshop ini, Aqsha melakukan kunjungan ke situs jurnal untuk mengetahui cakupan, kebijakan, dan gaya dari artikel ilmiah. Dia melanjutkan kunjungan dengan paparan mengenai proses peer review journal dan penggunaan alat bantu pemilihan jurnal.

Penerbit jurnal sendiri memiliki banyak ragam. Ada yang berbayar, gratis, hingga bersifat predator. Aqsha mengatakan, saat memilih, perlu dicari tahu dengan cermat penerbit mana yang terbaik dan sesuai.

Salah satunya dengan mengecek kredibilitasnya. Selain itu, penulis perlu mengecek kembali tujuannya: Apakah menginginkan target pembaca yang banyak atau tidak?

“Sebagai penulis, kita harus berpikir strategis, misalnya dengan berupaya cerdas untuk memasukkan artikel ilmiah dalam jurnal populer tertentu. Hal yang perlu diperhatikan di antaranya adalah dampak dan keterbukaan akses dari jurnal,” ungkap Aqsha.

Baca juga:  Unpad-ITB Resmi Duet di MBKM, Ini Program yang Ditawarkan

Aqsha juga membahas metrik jurnal. Menurutnya, metrik jurnal ditentukan oleh jumlah artikel yang dipublikasikan, berapa banyak jurnal disitasi, jumlah sitasi per artikel terpublikasi, dan jumlah dampak dari artikel terpublikasi.

Sedangkan mengenai pengajuan manuskrip, penulis diharapkan sudah menentukan tujuan publikasi dengan baik, memilih tipe manuskrip yang dibuat, dan mencermati ketentuan jurnal. Alur pengajuan manuskrip dimulai dengan memenuhi semua persyaratan kepada editor, lalu mengajukan naskah kepada editor, dilanjutkan dengan revisi naskah, yang kemudian diberikan kembali kepada editor.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id