Sejarawan: Belajar Sejarah Bisa Memicu Pikiran Kritis

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 22 Mei 2020 19:28 WIB
    Sejarawan: Belajar Sejarah Bisa Memicu Pikiran Kritis
    Sejarawan Bonni Triyadi. Foto: Tangkapan layar konferensi video.
    Jakarta: Sejarawan Bonnie Triyana mengatakan mempelajari sejarah bisa membuat seseorang memiliki kemampuan berpikir kritis. Sebab, sejarah mengandung hukum kausalitas, atau sebab akibat.

    "Sehingga, orang yang belajar sejarah kelak akan menjadi orang yang kritis, logis, rasional mampu memahami persoalan dari cara pandang yang rasional," kata Bonnie dalam diskusi daring bertajuk 'Anak Bangsa Bicara Kebangkitan Nasional', Jumat, 22 Mei 2020.

    Bonnie menuturkan mempelajari sejarah juga penting untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia. Berkaca pada hasil PISA, Indonesia hampir berada di posisi buncit. Adanya kemampuan berpikir kritis yang dimiliki anak muda bisa meningkatkan ilmu pengetahuan di Indonesia.

    "Ini semua pentingnya kita belajar sejarah dalam perspektif lebih luas. Bukan kemudian orang harus menjadi mahasiswa jurusan sejarah, tapi belajar sejarah supaya anak muda tumbuh daya kritisnya," ujarnya.

    Baca: Sejarawan: Kebangkitan Nasional Lekat dengan Peristiwa Budaya

    Bonnie mengatakan, ilmu sejarah harus diajarkan dengan cara yang benar. Contohnya, mengungkapkan kejadian berdasarkan fakta dan menjelaskan peristiwa-peristiwa masa lalu dengan hukum kausalitas.

    "Ini kan bikin anak, siswa, itu mengetahui kenapa ada revolusi industri, revolusi hijau. Itu kemajuan ilmu pengetahuan kita," terangnya.

    Bonnie mengatakan, belajar sejarah itu 'setengah dibohongin'. Ia mencontohkan isi buku Tan Malaka berjudul Aksi Massa yang mengatakan bahwa kehebatan pada zaman Wangsa Sailendra adalah Borobudurnya, tetapi hanya mandek di situ. Sementara pythagoras dengan rumus matematikanya masih digunakan sampai saat ini.

    "Ia (Tan Malaka) ingin mengatakan hendaknya kita melihat sesuatu di masa lalu itu dengan kritis, kalau dengan kritis kita bisa belajar," tuturnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id