comscore

Kenali Ciri Jurnal Predator, Ini Situs untuk Mengeceknya

Citra Larasati - 07 Juni 2022 11:27 WIB
Kenali Ciri Jurnal Predator, Ini Situs untuk Mengeceknya
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Jurnal predator, sesuai dengan sebutannya, jurnal ini tentu bukanlah jurnal terpercaya dan ia memangsa para penulis. Jurnal predator tidak melakukan proses reviu maupun proses penyuntingan dengan baik dan benar.

Seringkali jurnal ini langsung memangsa para penulis dengan cara membebankan biaya publikasi dengan janji manuskrip akan diterbitkan dengan segera.  Untuk mengetahui daftar jurnal maupun penerbit yang besar kemungkinan predator, beberapa situs menyediakannya, di antaranya https://predatoryjournals.com/ dan https://beallslist.net/.

Situs ini diperbaharui terus menerus sejalan dengan temuan dan/atau laporan yang diperoleh.  Di bagian about, laman ini menerangkan apa yang dinamakan sebagai jurnal predator dan bagaimana kriterianya.

Kemudian, daftar jurnal predator diberikan di bagian Journals dan daftar penerbit predator di bagian Publishers.  Di dalam jurnal predator ada kelompok jurnal bajakan, yaitu jurnal yang membajak jurnal asli yang terpercaya.

Situs ini juga memberikan daftar jurnal bajakan di bagian Hijacked.  Untuk meyakinkan para penulis, jurnal predator seringkali menggunakan metrik yang abal-abal. Daftar metrik abal-abal tersebut diberikan di bagian Metrics.

Dikutip dari laman https://pak.kemdikbud.go.id/, dosen maupun mahasiswa perlu mengetahui bahwa jurnal predator terus bermunculan. Apabila  mendapatkan jurnal dengan ciri-ciri sebagaimana diterangkan di bagian About, maka kita dapat berkontribusi dengan melaporkan ke situs ini sebagaimana diterangkan di bagian Contribute.

Dengan aksi ini, kita menyelamatkan para akademisi dari jurnal predator tersebut.  Jika kita ragu apakah jurnal yang tidak ada dalam daftar ini bukan predator, maka kita sebaiknya membaca kembali bagian About.

Jika kita masih ragu, maka kita sebaiknya berdiskusi dengan sejawat akademisi yang sebidang. Kemudian, situs https://beallslist.net/ memberikan daftar penerbit yang kemungkinan besar predator di bagian Publishers dan daftar jurnal berdiri sendiri yang kemungkinan predator di bagian Standalone Journals.

Selain itu, di bagian Other diberikan daftar jurnal bajakan (Hijacked journals) dan daftar metrik abal-abal (Misleading Metrics MISLEADING METRICS).

Baca juga: Tips Terhindar dari Jurnal Predator ala Guru Besar Unnes(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id